Honda Benamkan Transmisi Kopling Ganda pada VTX1300 Fury

TOKYO, iNews.id - Honda mengubah dunia sepeda motor dengan memperkenalkan transmisi kopling ganda, Dual Clultch Transmission (DCT). Sistem transmisi ini dikabarkan akan dibenamkan pada motor cruiser Honda VTX1300 Fury.
Dilansir dari Ride Apart, Minggu (9/9/2018), sistem tranmisi DCT pertama kali diinstal pada VFR1200F dan VFR1200X tahun 2010. Diketahui, DCT pada dasarnya adalah gearbox dua bagian yang dijalankan dua kopling terpisah. Satu bagian berisi gigi pertama, ketiga, dan kelima. Sementara yang lain gigi kedua, keempat dan keenam.
Ketika diaktifkan oleh pengendara, komputer akan menggunakan tekanan hidrolik untuk beralih di antara kopling dan roda gigi tanpa lag atau daya yang hilang di antara shift.
Rapi, ya? Tentu saja, tetapi sejak diperkenalkannya DCT Honda belum berani membenamkan teknologi ini pada semua motornya. Ini karena DCT menambah berat dan kompleksitas ekstra pada sepeda motor, yang pada gilirannya meningkatkan harga.
Setelah diperkenalkan di VFR besar, Honda menempatkan DCT ke dalam garis NC700, CTX700 dan 700N, serta Afrika Twin. Pada 2018, DCT mencapai momen besar saat dipasangkan di Gold Wing.
Sekarang sepertinya Honda memiliki rencana lebih lanjut untuk DCT. Berdasarkan ibformasi, DCT bakal dipasangan pada salah satu motor besarnya, VTX1300 Fury.
Gambar paten menunjukkan moge ini akan segera mendapatkan DCT. Jika benar Honda memasukkan DCT ke Fury, itu berarti motor ini akan segera mendapatkan perubahan besar.
Editor: Dani M Dahwilani