Ini Kebiasaan Buruk Pengendara Motor yang Bisa Menyebabkan Rem Blong

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 31 Agustus 2019 - 06:21:00 WIB
Ini Kebiasaan Buruk Pengendara Motor yang Bisa Menyebabkan Rem Blong
Istilah rem blong ini dipakai ketika kendaraan tidak bisa berhenti meski pedal sudah diinjak atau tuas ditarik. (Foto: WBK Bike)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu penyebab kecelakaan kendaraan adalah rem blong. Istilah rem blong ini dipakai ketika kendaraan tidak bisa berhenti meski pedal sudah diinjak atau tuas ditarik.

Apa penyebab rem blong? Pemilik bengkel motor Pratama Jaya, Yudha Kencana menjelaskan, rem blong terjadi karena sistem brake bekerja terlalu berat.

"Kalau rem terlalu panas bisa menyebabkan rem blong. Kampas bergesekan terus menerus dengan cakram efeknya ke minyak rem," ujarnya, saat berbincang dengan iNews.id di Cinere, Depok, baru-baru ini.

Yudha menjelaskan kelemahan utama dari sistem pengereman adalah panas. Meski sudah berteknologi canggih, minyak rem juga punya batasan titik didih atau panas.

"Misal minyak rem DOT 4 akan mendidih jika terkena suhu 155 derajat celcius. Ketika mendidih, minyak akan berubah jadi gelembung, sehingga tekanan pada kampas rem berkurang," katanya.

Menurut Yudha, salah satu penyebab rem sepeda motor cepat panas karena kebiasaan pengendara meletakkan jari di tuas rem. Meski tekanan sedikit justru membuat kampas menyentuh cakram.

"Banyak yang naik motor tidak sadar tangan atau kakinya menempel di tuas rem. Akibatnya, rem terus bekerja sehingga panas," ujar Yudha.

Editor : Dani M Dahwilani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda