Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Deretan Motor Skutik Murah di Indonesia, Mana Tak Bikin Kantong Jebol?
Advertisement . Scroll to see content

Jaga Performa Motor Matik, Tak Hanya Pelumas Mesin Oli Gardan juga Wajib Diganti

Minggu, 17 Juli 2022 - 07:25:00 WIB
Jaga Performa Motor Matik, Tak Hanya Pelumas Mesin Oli Gardan juga Wajib Diganti
Sama halnya pelumas mesin, oli gardan pada motor matik juga wajib diganti secara rutin. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Meskipun berbeda dengan sepeda motor kopling basah, di mana dalam perancangannya kopling terlumasi atau terendam oli, motor matik juga memiliki parts seperti gear yang harus terlumasi. Ini penting agar mesin awet dan bekerja optimal. 

Namun bedanya, pelumas di area tersebut bukan berasal dari oli mesin, melainkan terpisah menggunakan oli lain yang biasa disebut gear oil atau oli gear matik (gardan matic). 

Sama halnya pelumas mesin, oli gardan motor matik wajib diganti secara rutin. Namun, durasi pergantiannya relatif lebih lama ketimbang oli mesin. 

“Durasi penggantian nya dapat melihat panduan OEM di manual book, biasanya antara 8.000-10.000 km tergantung jenis motornya. Namun, kadangkala ada juga mekanik yang menyarankan menggunakan perbandingan 2:1. Ini hanya untuk memudahkan agar pengendara tidak lupa kapan terakhir ke bengkel atau ganti oli," ujar Technical Specialist PT.Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana dalam keterangan tertulis dilansir Minggu (17/7/2022). 

Artinya, lanjut dia, oli gardan diganti bersamaan ketika ganti oli mesin untuk kedua kalinya. Tetapi yang paling tepat adalah mengikuti panduan dari OEM. "Apabila hal ini dilakukan secara rutin, kinerja transmisi pada motor matic akan terjaga,” kata Brahma. 

Sebab, oli gardan memiliki fungsi vital melindungi bagian transmisi motor matik. Pertama adalah mengoptimalkan kerja transmisi yang bertugas meneruskan output mesin ke roda. Kedua, melindungi komponen seperti gear pada motor matik. Ketiga, keberadaan oli gardan membuat pergerakan transmisi menjadi halus. 

Wajar jika motor matik punya suara lebih halus daripada motor kopling kering (motor sport dan bebek). Lantas, apa yang terjadi jika ganti oli gardan di motor matik tidak teratur?

Hal yang akan terasa adalah munculnya suara berisik dari box Continuously Variable Transmission (CVT) motor matik dan cukup mengganggu kenyamanan berkendara. 

“Ini dikarenakan oli gardan matik tersebut viscosity-nya sudah berubah dari semestinya, bisa lebih kental atau lebih encer, atau mungkin sudah terkontaminasi oleh air, debu, atau partikel2 logam lain. Selain itu, getaran juga timbul lantaran pelumasan pada bagian CVT tidak berjalan sempurna,” kata Brahma.

Jika terdapat gejala demikian, segera ganti oli gardan. Periksa bagian CVT untuk mengetahui lebih jelas bila ada komponen yang rusak. Untuk penggantian oli garden matik, diperlukan produk terbaik yang punya formulasi khusus dengan keunggulan tingkat gesek rendah, mampu melumasi celah tersempit CVT dan bekerja optimal pada temperatur tinggi.

Dia menuturkan kemampuan demikian bisa didapat pengguna motor matik seperti pada Enduro Gear Matic. Oli transmisi dari PT Pertamina Lubricants (PTPL) dengan spesifikasi SAE 20W 40 ini dibuat berbasiskan oli sintetis dan formulasi aditif Extreme Pressure. Artinya, konsistensi performa oli dapat terjaga meski kekentalan oli pada suhu panas. 

“Enduro Gear Matic punya spesifikasi SAE 20W-40 yang dikembangkan dari oli sintetis dengan aditif Extreme Pressure sehingga dapat menjaga kekentalan oli dan melindungi gear dari gesekan berlebih dalam suhu panas yang ekstrem sekalipun. Oli gardan ini juga punya kelebihan yang bisa mencegah air menempel pada komponen CVT sehingga mencegah risiko terjadi karat,” ujar Brahma. 

Enduro Gear Matic kemasan 120 ml juga dirancang melindungi komponen penggerak roda secara maksimal. Produk ini mampu menjaga gigi-gigi penggerak terus terlumasi oli dan melindunginya dari menempelnya air ke bagian tersebut. 

"Dengan kata lain, mengurangi risiko komponen mengalami korosi atau karat. Walau begitu, tetap disarankan bagi pengguna motor matik untuk segera mengganti oli gardan setelah melewati banjir," kata Brahma. 

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut