Jangan Sampai Berkarat, Ini 4 Kendala yang Sering Terjadi pada Knalpot Sepeda Motor
 
                 
                JAKARTA, iNews.id- Knalpot jadi salah satu komponen cukup penting pada sepeda motor dengan teknologi Internal Combustion Engine. Masalah apa saja yang kerap dialami knalpot?
Knalpot berfungsi sebagai saluran untuk membuang sisa gas buang dari hasil pembakaran ruang bakar. Selain mendukung estetika desain, knalpot juga memiliki banyak fungsi diantaranya untuk filter atau penyaring suara bising sekaligus penyaring gas beracun seperti karbon dioksida hasil pembakaran yang menyebabkan polusi.
 
Tidak hanya itu, knalpot juga dapat meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Keuntungan dari fungsi knalpot tersebut terjadi jika knalpot sepeda motor dalam kondisi prima.
 
                                    “Faktor kebersihan semua bagian motor sangat penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima dan disarankan untuk tidak melakukan modifikasi terhadap knalpot model standar dari pabrikan agar dapat berkendara dengan aman, lancar, dan tanpa kendala,” kata Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman.
Beberapa kendala saat berkendara pada knalpot sepeda motor dengan sistem pembakaran 4-tak dikarenakan knalpot mengalami masalah atau kerusakan, diantaranya :
 
1. Knalpot Nembak
 
                                    Masalah yang paling umum terjadi jika knalpot nembak adalah karena kondisi busi yang kotor. Namun, knalpot nembak dengan suara ledakan keras juga dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti adanya kebocoran pada bagian knalpot atau bisa juga karena pasokan udara atau bahan bakar yang tidak seimbang, sehingga terjadi pembakaran yang tidak sempurna.

 
2. Knalpot Ngebul atau Keluar Asap
 
                                    Knalpot mengeluarkan asap biasanya menandakan adanya masalah pada ruang bakar mesin. Jika asap yang keluar berwarna putih, biasanya terjadi karena cairan oli yang masuk ke dalam ruang bakar, bisa disebabkan oleh kebocoran pada klep, ring, atau piston.
 
Namun, jika asap yang keluar berwarna hitam, hal ini dapat diindikasikan bahwa ada permasalahan di sistem bahan bakar yang salah satunya disebabkan oleh filter udara yang kotor sehingga udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak tersaring dengan baik.
 
3. Knalpot Berlubang dan Bocor
Tanda-tanda knalpot berlubang dan bocor adalah suara berisik dan tidak normal seperti biasanya. Kebocoran biasanya terjadi pada bagian kepala knalpot akibat kerusakan paking.
Namun kebocoran juga bisa terjadi pada bagian lain, seperti leher knalpot atau bagian silencer yang bocor, baik karena karat atau terdapat lubang akibat benturan yang keras.
4. Knalpot Berkarat
Karat pada knalpot bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misal kondisi lingkungan sekitar yang mengandung kadar garam yang tinggi dan bersifat korosif, sehingga menyebabkan karat pada komponen knalpot. Hal ini biasanya terjadi di daerah dekat pesisir pantai atau laut.
 
Karat juga disebabkan oleh kurangnya perawatan pada knalpot, seperti tidak membersihkan kotoran dan lumpur yang menempel pada leher dan bagian lainnya secara teratur dan optimal saat mencuci.
 
Editor: Ismet Humaedi