Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Pasar Otomotif Lesu, Piaggio Akui Penjualan Vespa Melemah
Advertisement . Scroll to see content

Komponen Vespa Matik yang Perlu Dicek Sebelum Dipakai Turing Jauh

Selasa, 18 April 2023 - 13:27:00 WIB
Komponen Vespa Matik yang Perlu Dicek Sebelum Dipakai Turing Jauh
Melakoni perjalanan jauh dengan Vespa matik juga banyak dijadikan pilihan masyarakat. (Foto: Scooter VIP)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Turing jauh dengan menggunakan sepeda motor banyak dilakukan masyarakat, termasuk mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman. 

Tak hanya turing atau mudik dengan motor jenis sport, bebek atau matik biasa, melakoni perjalanan jauh dengan Vespa matik juga banyak dijadikan pilihan masyarakat. Tapi harus ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

“Pastikan bahwa Vespa yang akan digunakan untuk mudik berada dalam kondisi mesin yang sehat dan prima. Dengan begitu, Vespa matik bisa digunakan untuk melewati berbagai kondisi medan jalan dengan mudah,” kata Dennil Sagita dari bengkel Scooter VIP.

Berikut ini tips untuk Vespa matik seperti LX, S, GTS, Sprint hingga Primavera bila akan dipakai untuk mudik Lebaran.

1. Cek Kondisi Pelumas Mesin dan Gardan

Pemeriksaan rutin kondisi oli mesin dan oli gardan Vespa matik baiknya dilakukan setiap 1.000 km atau 3 bulan pemakaian. Kemudian, oli mesin wajib diganti setelah digunakan sejauh 5.000 km atau 6 bulan mana yang lebih cepat.

Untuk oli gardan wajib diganti setelah digunakan sejauh 10.000 km ataupun dipakai selama 12 bulan mana yang ditempuh lebih cepat. Caranya parkir Vespa di permukaan yang rata dengan kondisi standar tengah. 

Hal ini bertujuan agar kualitas pengecekan oli jadi lebih akurat. Karena permukaannya akan menentukan kesejajaran cairan oli yang ada di dalam mesin, dan baiknya pergunakan viskositas oli dengan standar rekomendasi pabrikan.

2. Cek Kondisi CVT dan Mesin

CVT (Continuously Variable Transmission) adalah bagian dari sistem transmisi daya dari mesin menuju ban belakang menggunakan sabuk atau belt yang menghubungkan antara pulley primer dengan pulley sekunder. 

Melalui CVT, Vespa matik melakukan perpindahan kecepatan secara full otomatis sesuai dengan putaran mesin. Maka itu, CVT perlu dirawat secara berkala agar performa motor tetap optimal. 

Hal pertama yang harus dirawat adalah V-belt. V-belt merupakan komponen penting dalam bagian CVT yang menghubungkan puli primer (penggerak) dengan puli sekunder (yang digerakkan).

3. Cek Kondisi Lampu-lampu

Baik lampu siang, malam, sen, maupun lampu rem haruslah berfungsi secara optimal demi keselamatan berkendara pada malam hari.

4. Cek Kondisi Filter Oli dan Filter Udara

Filter oli vespa matik harus dicek, dibersihkan atau diganti secara berkala. Karena kotoran hasil sirkulasi oli biasanya akan menumpuk di area filter oli ini, disarankan tiap satu tahun atau maksimal kelipatan 10 ribu km pemakaian cek dan bersihkan filter oli ini. 

Kalau dibiarkan kotor terus nanti kotoran akan bercampur ke oli baru dan mengurangi kemampuan pelumasannya. Saat pelumasan tidak berjalan maksimal bikin gesekan antara komponen menjadi lebih tinggi dan mempercepat keausan komponen.

Filter udara memiliki peranan penting dalam proses pembakaran di dalam mesin. Komponen ini sendiri berfungsi sebagai penyaring udara dari kotoran atau debu yang akan masuk ke ruang bakar. Apabila filter udara tidak dilakukan perawatan secara berkala, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Perbandingan udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin menjadi tidak ideal, sehingga bahan bakar pada motor akan terasa boros.

5. Cek Kondisi Kaki-kaki dan Pengereman

Jalanan yang dilalui mungkin tidak seluruhnya mulus. Untuk itu, pemeriksaan pelek, kondisi ban, hingga shockbreaker perlu dilakukan.

Komponen rem ini memiliki tugas cukup berat terlebih ketika jalanan macet. Untuk itu, periksa bagian rem ini mulai dari selang rem, kanvas rem, oli rem, hingga ketegangan kabel rem.

Terakhir adalah cek kondisi tekanan ban, standar ukuran tekanan angin untuk ban Vespa matik adalah 30-33 Psi.

Editor: Ismet Humaedi

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut