Kunci Kontak Motor Bermasalah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
JAKARTA, iNews.id – Saat memilih sepeda motor untuk dijadikan kendaraan sehari-hari, masalah kerap muncul tak hanya dari bagian mesin saja. Sektor lain juga kadang bermasalah seperti bagian kunci kontak.
Meski hal sepele, bila kunci kontak bermasalah atau rusak pastinya bisa mengganggu aktivitas. Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, kunci kontak sepeda motor menjadi bagian sangat penting, karena berfungsi untuk menyalakan sepeda motor sekaligus mematikan kelistrikan sepeda motor baik saat berhenti atau parkir.
Berikut adalah masalah yang sering terjadi pada kunci kontak mekanis konvensional pada sepeda motor lengkap beserta solusinya.
1. Kunci Kontak Longgar
Biasanya ini terjadi pada sepeda motor keluaran lama yang masih dipakai saat ini. Penyebabnya karena faktor umur dan sering dipakai sehingga membuat material anak kunci kontak menjadi aus begitu juga di bagian dalam rumah kuncinya.
Penyebab lain kunci kontak jadi longgar dan bahkan bisa menyebabkan anak kunci terjatuh saat berkendara adalah karena sering menggabungkan kunci kontak sepeda motor dengan kunci lainnya seperti kunci rumah, kunci gembok misalnya. Hal tersebut menyebabkan kunci kontak sepeda motor akan mendapat beban dari kunci lainnya yang tergantung bersamaan.
Penyebab lain kunci kontak longgar adalah pernah memasukan benda atau anak kunci yang bukan pasangannya secara paksa, sehingga lubangnya menjadi longgar dan anak kunci mudah lepas.
2. Kunci Kontak Macet
Ketika memasukan anak kunci ke dalam rumah kunci terkadang mengalami seret atau macet. Tidak bisa diputar ke kanan atau ke kiri. Kalaupun bisa, biasanya tidak bisa dilepas dan stuck di dalam rumah kunci.
Penyebabnya bisa karena terdapat kotoran di dalam kunci akibat masuk melalui air hujan atau saat mencuci sepeda motor. Masalah ini harus ditangani secara hati-hati karena berpotensi mengalami patah kunci jika dikeluarkan secara paksa.
Solusinya, Anda bisa memberikan cairan penetran ke dalam lubang kunci, diamkan sebentar kemudian goyang-goyangkan hingga longgar lalu cabut secara perlahan. Sesudah lepas, berikan cairan penetran lebih banyak ke dalam lubang kunci supaya kotoran atau benda yang masuk kedalamnya bisa keluar.

3. Kunci Kontak Patah
Ketika kunci kontak macet kemudian diputar atau dicabut secara paksa bisa menyebabkan anak kunci patah dan tertinggal di dalam lubang kunci.
Solusinya, anak kunci yang tertinggal harus segera dikeluarkan jangan sampai tertinggal lebih lama. Mengeluarkannya juga harus hati-hati dengan cara memberikan cairan pelumas atau penetran kemudian cabut menggunakan pinset atau tools lainnya.
4. Motor Tidak Menyala
Jika saat memasukan kunci di rasa normal, tapi saat diputarkan ke posisi “ON” namun motor tidak menyala dengan indikasi tampilan speedometer juga tidak menyala seperti biasa, bisa dipastikan ada masalah pada bagian kelistrikan.
Bisa karena adanya arus pendek alias korsleting, atau yang paling sering terjadi adalah karena salah satu soket penyambung kabel terlepas, putus atau mengalami kerusakan.
Untuk menjaga kondisi kunci kontak dalam kondisi prima, lakukan perawatan dengan sering memberikan cairan penetran atau pelumas pada lubang kunci dan juga menjaganya agar penutup lubang kunci tertutup sempurna supaya terhindar dari debu atau kotoran yang masuk kedalam lubang kunci yang berpotensi menjadi penyebab rusaknya kunci kontak sepeda motor.
Editor: Ismet Humaedi