Langkah FIFGROUP Dongkrak Penjualan Sepeda Motor di Indonesia
JAKARTA, iNews.id – Di balik deru mesin jutaan sepeda motor Honda, PT Federal International Finance (FIFGROUP) menjadi denyut nadi pembiayaan kendaraan roda dua di Indonesia. FIFGROUP berusaha membantu masyarakat mewujudkan mobilitas impian dari perkotaan hingga pelosok negeri.
Melalui strategi bisnis yang tajam dan layanan menjangkau hingga akar rumput, FIFGROUP terus berupaya mendorong pertumbuhan penjualan kendaraan roda dua di Indonesia. Sebagai gambaran, pada Januari-Agustus 2025, penjualan sepeda motor Honda mencapai 3,29 juta unit, dengan target pada tahun ini 4,9 juta unit.
Di sisi lain, FIFGROUP menargetkan total penyaluran pembiayaan pada 2025 sebesar Rp49,6 triliun, sebuah lompatan optimistis naik 4,7% dari tahun sebelumnya.
"36 tahun kami telah tumbuh bersama menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. Kami berusaha membantu memberikan layanan dan kemudahan dalam pembiayaan kendaraan roda dua," ujar Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Siswadi dalam konferensi pers di Jakarta.
Dalam layanannya, perusahaan menjangkau daerah-daerah dengan jaringan lebih luas, memastikan masyarakat tidak kesulitan dalam memiliki kendaraan.
"Pembiayaan sepeda motor terus tumbuh lantaran kendaraan roda dua menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk berbagai aktivitas, mulai dari bekerja, berdagang, mengantar anak sekolah, hingga liburan. Di sisi lain, sepeda motor mejadi solusi bagi sejumlah wilayah yang infrastrukturnya terbatas," kata Direktur FIFGROUP Daniel Hartono.
Komitmen FIFGROUP tidak hanya tercermin dari angka di laporan penjualan, tetapi juga dari kontribusi nyata mereka di industri. Salah satunya keterlibatan FIFGROUP sebagai platinum sponsor dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025.
"Dalam gelaran IMOS 2025, FIFGROUP berhasil membukukan nilai transaksi senilai Rp7,9 miliar, melampaui pencapaian tahun sebelumnya. Kinerja cemerlang ini ditopang segmen pembiayaan sepeda motor Honda melalui FIFASTRA yang di Kuartal I 2024 mencatatkan pertumbuhan nilai penyaluran sebesar 5,5% dan unit yang dibiayai sebesar 5,4%.
Pertumbuhan ini datang dari manajemen risiko yang sehat. Di tengah kondisi pasar yang fluktuatif, FIFGROUP tetap mempertahankan rasio kredit macet (NPF) yang sangat rendah.
"Masyarakat banyak yang mengambil kredit sepeda motor menjadi faktor utama mendorong laba bersih perusahaan. Salah satunya produk dari Astra Honda Motor (AHM)," ujar Direktur Keuangan FIFGROUP, Valentina Chai Wei Li.
Di sisi lain, FIFGROUP telah menjelma menjadi one stop financial solution bagi masyarakat. Melalui lima layanan utama, yaitu FIFASTRA (motor), SPEKTRA (elektronik), DANASTRA (multiguna), FINATRA (usaha mikro), dan AMITRA (syariah)—perusahaan ini memastikan bahwa setiap kebutuhan finansial masyarakat mulai dari membeli gadget hingga mewujudkan ibadah Haji dan Umrah, dapat dipenuhi.
FIFGROUP sebagai pilar bukan hanya membiayai, tetapi juga menghidupkan mimpi dan memacu roda ekonomi melalui putaran mesin kendaraan roda dua di seluruh wilayah Indonesia.
Editor: Dani M Dahwilani