Motor Listrik Ini Lebih Mahal dari Honda CR-V

Riyandy Aristyo ยท Senin, 14 Januari 2019 - 12:07 WIB
Motor Listrik Ini Lebih Mahal dari Honda CR-V

Dibanderol selangit, motor listrk Jerman Novus dibuat dari serat karbon kualitas terbaik. (Foto: Electrek)

LAS VEGAS, iNews.id - Perusahaan sepeda motor listrik Jerman, Novus, baru-baru ini meluncurkan produk terbaru di gelaran Consumer Electrics Show (CES) 2019, Las Vegas, AS. Hal mencengangkan produk tersebut dibanderol Rp556 juta, lebih mahal dari Honda CR-V.

Lantas, apa yang membuatnya begitu mahal? Dilansir dari Electrek, Senin (14/1/2019), ternyata bahan yang dipakai motor listrik tersebut berasal dari full serat karbon kualitas terbaik. Selain itu, terdapat bahan lain yang tak kalah canggih.

Secara tampilan, komponen paling mencolok dari motor listrik Novus adalah rangkanya. Motor ini menggunakan rangka karbon monocoque yang berfungsi sebagai eksoskeleton struktural serta menampilkan bodi sepeda motor yang elegan.

Novus
Rangka tersebut dinilai jauh lebih ringan dari baja, aluminium atau bahan rangka eksotis. Tak heran jika motor ini dibanderol sangat mahal.

Urusan performa, motor listrik ini dibekali dengan motor-hub penggerak langsung yang diklaim perusahaan menghasilkan torsi 200 Nm. Sementara tenaga yang dihasilkan cukup besar, yakni 85 lb hingga kecepatan maksimum 97 km/jam. Kecepatan tertinggi tersebut membuat Novus sangat cocok digunakan di perkotaan atau jalanan pedesaan berkelok-kelok.

Novus
Istimewanya, motor ini sudah dilengkapi layar yang dapat diaktifkan melalui aplikasi smartphone layaknya fitur hiburan pada mobil.

"Manfaat dari dunia digital yang terhubung memungkinkan untuk mengintegrasikan smartphone tidak hanya sebagai instrumen kontrol dan tampilan, tetapi juga sebagai kunci digital. Dengan menghilangkan perangkat keras yang tidak perlu, ide-ide baru dapat dibuat tersedia secara instan," kata Novus.


Editor : Dani Dahwilani