Norton Motorcycles Diakuisisi TVS dengan Biaya Rp309 Miliar

Riyandy Aristyo ยท Senin, 20 April 2020 - 16:53 WIB
Norton Motorcycles Diakuisisi TVS dengan Biaya Rp309 Miliar

Norton Motorcycles diakuisisi TVS dengan biaya Rp309 miliar. (Foto: Indiatoday)

LONDON, iNews.id - Perusahaan motor ikonik Inggris, Norton Motorcycles, resmi menjadi milik TVS Motor Company. Merek motor asal India ini harus merogoh kocek sebesar Rp309 miliar untuk proses akuisisi.

Dilansir dari India Today, Senin (20/4/2020), pemilik Norton Motorcycles sebelumnya, Stuart Garner mengatakan, perusahaannya itu mengalami krisis finansial lantaran tidak mampu membayar pajak. Maka itu, banyak perusahaan yang berminat menyelamatkan Norton dari kebangkrutan dan akhirnya jatuh ke tangan TVS.

Dengan bergabungnya Norton Motorcycles ke TVS Motor Company, menjadi peluang bagus bagi produk-produk TVS lantaran bisa melebarkan sayapnya ke segmen premium atau menengah atas. Diketahui, selama ini TVS hanya memiliki lini produk motor entry level dan kendaraan niaga.

Di sisi lain, Norton Motorcycles masih memiliki kesempatan mempertahankan eksistensinya di industri roda dua. Merek ini juga bisa memperluas pasarnya berkat dukungan pabrik dan jaringan penjualan TVS di mancanegara.

Seperti diketahui, TVS di India menjadi salah satu produsen sepeda motor dengan penjualan terbesar dan sudah melebarkan sayapnya ke sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia. Beberapa model andalannya antara lain Ntorq, Apache, dan kendaraan niaga King.

Editor : Tuty Ocktaviany