Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Hindari Microsleep, Simak Waktu Ideal Berkendara saat Libur Nataru
Advertisement . Scroll to see content

9 Penyebab Karburator 2 Tak Banjir dan solusinya, Ini Komponen Harus Diperiksa

Rabu, 09 Februari 2022 - 11:30:00 WIB
9 Penyebab Karburator 2 Tak Banjir dan solusinya, Ini Komponen Harus Diperiksa
Banyak pemilik sepeda motor bertanya penyebab karburator 2 tak banjir dan solusinya. (Foto: Istimewa/Ilustrasi)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang bertanya penyebab karburator 2 tak banjir dan solusinya. Ya, karburator punya peran penting mencampurkan udara serta bahan bakar yang sesuai. 

Apabila, tidak dirawat dengan baik bisa bermasalah dan menyebabkan banjir. Penyebab karburator banjir paling umum terjadi karena kesalahan dalam merakit karburator setelah servis atau cacat dari pabrikan. 

Jika servis di bengkel tidak resmi, perakitan yang dilakukan mekanik kurang berpengalaman pesangan karburator tekadang kurang pas.

Bagaimana penyebab karburator 2 tak banjir dan solusinya? Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber berikut ulasannya:

1. Salah Merakit Karburator 

Penyebab karburator banjir paling umum terjadi adalah kesalahan dalam merakit karburator setelah servis atau dari pabrikan. Biasanya jika servis ke bengkel bukan resmi, perakitan yang tidak tepat sering terjadi. 

Ketidaktepatan dalam merakit ini mengakibatkan beberapa hal seperti pelampung karburator yang terjepit. Jika ini terjadi maka pelampung tidak bekerja untuk menggerakan jarum pelampung yang jadi indikator bensin sudah penuh. Pengisian bahan bakar bisa terus berlanjut dan menciptakan kebocoran. 

Solusi yang bisa dilakukan adalah memasang ulang karburator dengan tepat. Sebaiknya ini dilakukan di bengkel resmi karena masih garansi. 

2. Keran Bensin Rusak 

Salah pemasangan adalah kelalaian yang bisa diperbaiki dengan memasang ulang, tapi tidak dengan keran bensin yang rusak. Keran seharusnya memiliki sistem buka tutup ketika motor dinyalakan sehingga bensin dapat diatur penggunaannya. 

Keran yang rusak membuat aliran bensin terjadi terus menerus ketika mesin menyala ke karburator. Dampaknya adalah banjir pada bagian karburator. Kerusakan pada kran bensin ini hanya bisa diperbaiki dengan mengganti yang baru. 

3. Jarum Pelampung yang Aus 

Setiap karburator dilengkapi dengan jarum pelampung yang berfungsi menutup saluran bensin pada saat suplai sudah penuh. Kerusakan pada jarum hal yang wajar karena terbuat dari karet dan bisa saja sudah aus. 

Jarum juga bisa diselimuti kotoran karena tidak menggunakan bahan bakar dengan RON yang tinggi. Kerak akan menempel pada jarum sehingga penutupan saluran bensin tidak sempurna. 
Apabila penyebab karburator banjir adalah jarum yang sudah aus maka perlu menggantinya. Jika hanya kotor tak perlu mengganti cukup membersihkannyaa. 

4. Salah Menyetel Pelampung Karburator 

Jika jarum karburator berfungsi untuk menutup saluran bensin, ada juga komponen pelampung. Komponen ini fungsinya adalah sebagai indikator jumlah bahan bakar yang ada di reservoir. Batas permukaan bensin akan diatur oleh pelampung ini agar konstan. 

Ada jenis pelampung yang terbuat dari logam ada juga yang plastik. Apapun bahan pembuatnya, fungsinya sama karena akan mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang pelampung. Penyetelan pelampung harus dilakukan dengan benar. Jika salah seperti terlalu rendah maka bensin yang seharusnya masuk ke ruang bakar tidak terkontrol. 

Di sinilah awal mula banjir yang keluar melalui selang buang di bawah bak karburator. Kesalahan penyetelan pelampung karburator ini harus diperbaiki, sama seperti ketika harus memasang ulang pelampung karburator dengan benar. Pemasangannya harus pas tidak boleh terlalu rendah. 

5. Spring Needle Valve Patah

Jarum pelampung (Spring Needle Valve) tidak hanya bisa aus atau kotor tetapi juga bisa saja patah. Patahnya bagian ini seringkali terjadi ketika menggunakan pelampung dari bahan plastik. 

Meskipun jarum pelampung dibuat dari bahan logam, namun patah bisa terjadi pada sambungan dengan pelampung. Jika patah segera ganti dengan yang baru satu paket dengan pelampung. 

6. Pelampung Karburator Bocor 

Pelampung karburator didesain agar bisa mengontrol permukaan bahan bakar di ruang pelampung. Komponen ini tidak hanya harus disetel dengan benar tetapi juga perlu dicek fungsinya. 

Kerusakan yang paling sering pada pelampung karburator adalah kebocoran. Ketika bocor maka pelampung tidak bisa lagi mengambang dan mengatur tinggi rendahnya permukaan bensin dalam ruang pelampung. 

Dampaknya jarum pelampung atau needle valve yang seharusnya menutup lubang bensin juga tidak bekerja. Bensin yang ada di ruang pelampung pun akan terus menerus mengalir dan menimbulkan banjir. 

Kebocoran pelampung tidak bisa diperbaiki, sehingga harus mengganti pelampung dengan yang baru agar bisa berfungsi dengan baik.

7. Seal Mangkok Karburator Mengeras 

Penyebab karburator banjir yang juga sering terjadi adalah seal pada mangkuk karburator yang sudah mengeras akibat penggunaan. Karet seal ini berfungsi untuk menutup bak karburator sehingga bensin tidak keluar. 

Seal ini berada di tengah dan ketika sudah tidak bisa menutup karburator dengan baik, maka muncul rembesan bensin. Artinya bak karburator bocor dan bisa mengganti dengan seal yang baru. Saat ini seal mangkok karbu dijual satu paket dengan jarum pelampung jadi juga bisa jadi antisipasi kalau kerusakan juga terjadi pada jarumnya. 

8. Selang Pembuangan Rusak

Setiap karburator akan terhubung dengan selang pembuangan yang harus dipasang dengan kencang. Pada saat bensin yang masuk ke mangkuk karburator berlebihan maka akan dibuang melalui selang ini. 

Apa yang terjadi jika selang karburator mengalami kerusakan? Tentu saja karburator menjadi banjir, mesin menjadi brebet bahkan mogok. Kerusakan pada selang yang sering terjadi adalah pemasangannya yang tidak kencang sehingga bensin menetes terus menerus. 

Bensin hanya akan terbuang percuma dan cara memperbaiki hanya dengan mengencangkan selang saja. Tapi bisa juga selang rusak karena terjadi penyumbatan sehingga bensin akan naik ke atas dan keluar melalui lubang hawa lalu masuk ke ruang bakar. 

Selain itu, harus mengecek kembali apakah benar terjadi penyumbatan, Jika iya, maka segera perbaiki agar sistem pembuatan karburator berjalan dengan lancar. 

9. Karburator Rusak 

Penyebab karburator banjir yang utama adalah karburator rusak. Ini terjadi pada  motor lawas atau membeli motor bekas.

Kerusakan paling sering disebabkan oleh karat atau kotoran yang telah mengerak. Karburator yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki hanya dengan membersihkan kerak, tapi harus menggantinya dengan yang baru. Harganya lumayan cukup mahal.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut