Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Kenali Tanda Motor Harus Turun Mesin, Awas Jebol di Jalan
Advertisement . Scroll to see content

Perbedaan Motor 1 Silinder sampai 4 Silinder, Bisa Dikenali dari Bentuk dan Suaranya

Sabtu, 15 Januari 2022 - 07:01:00 WIB
Perbedaan Motor 1 Silinder sampai 4 Silinder, Bisa Dikenali dari Bentuk dan Suaranya
Berikut perbedaan motor 1 silinder sampai 4 silinder. (Foto: Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang bertanya perbedaan motor 1 silinder sampai 4 silinder. Motor yang memiliki lebih banyak silinder akan menghasilkan performa dan suara lebih baik. 

Meskipun mesin satu silinder jauh lebih mudah digunakan dan menghasilkan banyak tenaga pada kecepatan mesin rendah, namun performamnya berbeda dengan yang memiliki banyak silinder.

Berikut perbedaan motor 1 silinder sampai 4 silinder:

Mesin 1 Silinder 

Mesin satu silinder banyak digunakan pada sepeda motor trail atau sepeda motor harian yang digunakan di jalan raya. Model motor ini lebih mudah perawatannya dan hemat baham bakar. 

Mesin 2 Silinder  

Mesin dengan dua atau lebih silinder menghasilkan lebih banyak tenaga secara keseluruhan karena laju pembakaran. Mereka memiliki konfigurasi berbeda untuk menghasilkan tenaga pada kecepatan mesin tertentu. Anda dapat mengetahui mesin apa itu hanya dengan mendengarkan suaranya. 

Mesin 2 silinder segaris terpasang sejajar dan tersambung dengan poros engkol. Selain digunakan motor sport, biasanya dipakai juga mobil berukuran mungil city car dan kei car (mobil kecil asal Jepang). 

Mesin Silinder 3 

Mesin silinder 3 memiliki urutan pembakaran sangat berbeda untuk menjaga keseimbangan. Mesin 3 silinder seringkali disebut sebagai perpaduan sempurna mesin 2 dan 4 silinder karena memiliki keunggulan keduanya.  

Mesin 3 silinder parallel adalah jenis yang paling umum dan keuntungannya adalah mesin ini bisa dibuat seramping mungkin dengan power full 4 silinder. 

Mesin 4 Silinder 

Mesin 4 silinder segaris adalah mesin pembakaran dalam dengan keempat silindernya terpasang mendatar satu arah di dalam bak mesin. Silindernya bisa diletakkan mendatar atau miring terhadap poros mesin. Engine ini sangat umum dipakai pada motor gede atau mobil. Tenaga dihasilkan setiap putaran 90 derajat dari poros engkol.

Namun, dalam 3 silinder, daya dihasilkan setiap 120 derajat. Karena variasi tersebut, mesin 3 silinder menunjukkan karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan dengan mesin 4 silinder.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut