Pilih Pelumas Motor Matic, Ini yang Harus Anda Perhatikan
JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda yang memiliki sepeda motor matic ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dalam perawatan. Salah satu yang paling penting adalah memilih pelumas atau oli yang tepat. Karena karakter kendaraan bertransmisi otomatis berbeda dengan motor bermesin manual.
Anjas Marbun, pemilik bengkel Beji Motor mengatakan, skuter matic memerlukan perhatian ekstra dibandingkan sepeda motor kopling manual atau semi otomatis, seperti motor sport dan bebek. Skuter matic memiliki karakteristik kopling kering, tanpa ekstra aditif dan anti-slip. Karena itu, pemilihan pelumas sangat menentukan kendaraan Anda awet dan prima.
"Agar mesin motor lebih awet, pemilihan oli harus dilakukan dengan tepat. Jangan sampai oli yang digunakan justru mengganggu performa mesin motor Anda," ujarnya, saat ditemui iNews.id di kawasan Tanah Baru, Depok, Kamis (4/1/2018).
Dia menuturkan, karena kebutuhan pelumas motor matic berbeda sebaiknya memilih oli dengan kekentalan tepat. Biasanya standar kekentalan oli matic berkisar antara 10-30 SAE.
Selain itu, kata Anjas, pilihlah oli yang memiliki sertifikat API (American Petroleum Institute) dan JASO. API merupakan lembaga yang menguji dan memeriksa kualitas pelumas yang dipakai di Eropa dan Amerika. Sementara JASO atau Japanese Automotive Standar Association merupakan lembaga yang mengecek dan menguji kualitas oli kendaraan di Jepang.
Kode di belakang JASO menunjukkan kualitas sertifikat. "Untuk motor matic pilihlah oli yang mempunyai kode API SL, API SJ dan JASO MB untuk kopling kering," ucap Anjas.
"Kualitas oli matic terbaik memiliki aditif molybdenum yang berguna untuk mengurangi gesekan sehingga kinerja mesin jadi lebih efisien," katanya.
Dia juga mengingatkan untuk mengganti pelumas maksimal setiap 2.000 km atau 2 bulan sekali walaupun kendaraan tidak dipakai. "Anda juga bisa mengikuti buku panduan atau buku manual kendaraan dari bawaan pabrik, sehingga mesin tetap awet," tandasnya.
Editor: Dani M Dahwilani