Sering Ganti-Ganti Oli, Perlukah Mesin Motor Dibilas?

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 06:49 WIB
Sering Ganti-Ganti Oli, Perlukah Mesin Motor Dibilas?

Banyak pemilik sepeda motor yang mempunyai kebiasaan ganti-ganti oli atau pelumas. (Foto: Motorcyclist)

JAKARTA, iNews.id - Banyak pemilik sepeda motor yang mempunyai kebiasaan ganti-ganti oli atau pelumas. Alasannya, ingin mencoba atau pelumas yang biasa dipakai tidak ada dibengkel.

Sebanarnya amankah kebiasaan ini? Jika sering ganti-ganti produk apakah mesin perlu dibilas agar tidak terjadi endapan?

Pemilik bengkel Beji's Motor, Anjas Marbun menjelaskan, pembilasan atau yang disebut flushing adalah hal yang tidak perlu dilakukan di mesin motor. Pembilasan diperlukan bila motor terendam banjir atau terjadi pengerakan karena usia pakai.

"Kecuali kalau pelumas sebelumnya bermasalah, seperti saat didrain (dikeluarkan dari mesin) terlihat tidak normal atau volumenya berkurang maka pembilasan perlu dilakukan," kata Anjas di Depok, baru-baru ini.

Alasan tidak perlu melakukan pembilasan oli mesin motor lantaran teknologi pelumas rata-rata sudah menggunakan bahan baku aditif dan base oil yang tak jauh berbeda satu sama lain, sehingga kemungkinan tidak cocoknya relatif kecil.

"Berbeda kalau kasusnya teknologi pelumas mesin industri, yang bahan bakunya cukup variatif. Pembilasan wajib diperlukan agar efek samping ketidakcocokan secara kimiawi bisa dihindari," ujar Anjas.

Dia menyebutkan pembilasan di mesin motor sebenarnya lebih bertujuan untuk menghindari dampak negatif dari buruknya kondisi pelumas after used yang tersisa di mesin motor.


Editor : Dani Dahwilani