Simak Cara Kerja Transmisi Manual pada Sepeda Motor
JAKARTA, iNews.id - Banyak orang yang masih bingung dengan cara kerja transmisi manual pada sepeda motor. Sehingga terjadi banyak kesalahan dalam penggunaannya.
Padahal apabila kita mempelajarinya, tentu akan lebih mudah memindahkan transmisi manual pada motor.
Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara kerja transmisi manual pada sepeda motor :
Pada posisi netral, kedua shift fork akan berada pada alur posisi tengah. Sehingga shift fork tidak condong kekanan dan kekiri atau dengan kata lain tidak ada roda gigi yang berhubungan. Sehingga putaran mesin tidak mampu diteruskan ke roda.
Saat menginjak tuas gigi, maka tuas tersebut akan menggerakan selector arm dan overshift selector. Sehingga kedua lengan ini akan bergerak keatas. Pergerakan keatas pada lengan ini, akan mendorong selector pin. Akibatnya selector pin dan selector drum berputar.
Putaran selector drum akan memindahkan posisi alur, sehingga shift fork gigi 1&2 akan tergeser untuk berkaitan dengan roda gigi kecepatan satu.
Saat kita melepas injakan atau ketika tuas gigi kembali ke posisi semula, selector arm dan overshift arm juga akan kembali turun. Namun karena bagian luar dari arm ini landai, maka pergerakannya tidak sampai membuat selector drum kembali ke posisinya.
Dipangkal selector shift, juga terdapat return spring. Sehingga lengan ini bisa mengembang ketika kembali dari posisi atas ke posisi semulanya.
Ketika kita ungkit tuas transmisi, maka selector arm dan overshift arm tidak bergerak keatas melainkan bergerak kebawah. Hasilnya, bagian atas selector arm akan mendorong selector pin kearah bawah. sehingga selector drum berputar kea arah bawah dan roda gigi kembali ke posisi sebelumnya.
Mekanisme diatas, bisa kita temui pada motor-motor bebek pada umumnya yang memiliki gear box 4 percepatan. Namun pada motor dengan 5 percepatan, biasanya dari netral kita bisa langsung berpindah ke gigi 2.
Itu karena pada tramsisi 5 percepatan yang sering dipakai pada motor-motor sport memiliki tiga alur. Namun alur tambahan ini memiliki arah yang berkebalikan dan hanya memiliki satu lekukan.
Sehingga hanya sanggup digunakan untuk memindahkan satu roda gigi. Demikianlah penjelasan tentang cara kerja transmisi manual pada sepeda motor.
Editor: Komaruddin Bagja