Tips bagi Pemula, Begini Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan
JAKARTA, iNews.id - Mengendarai motor kopling memang tidak bisa sembarangan. Terutama bagi pemula, perlu mengetahui cara agar kendaraan tetap bertenaga dan tak terjadi kecelakaan.
Apalagi melalui jalan menanjak, tentunya ini sangat rumit bagi yang tidak memahami caranya. Pengendara motor kopling harus mampu menyesuaikan tuas kopling dan gas. Cara mengendarai sepeda motor dengan kopling di tanjakan memerlukan kemampuan mengatur kopling dengan tepat.
Sebagai informasi, motor kopling merupakan motor yang bekerja dalam transmisi manual. Pada motor kopling terdapat tuas yang sering disebut sebagai handle kopling. Tuas ini berada di setang sebelah kiri mirip seperti rem tangan pada motor matik. Kopling berfungsi memindahkan gigi secara halus. Ketika tuas kopling ditarik, lempeng kopling akan ditekan oleh kampas rem sehingga berhenti, dan saat berhenti itulah biasanya pengendara bisa memindahkan gigi.
Untuk melewati tanjakan dengan motor kopling, cukup penting untuk memindahkan transmisi yang tepat. Maksimal menggunakan gigi tiga saat akan melewati tanjakan, apabila lebih tinggi maka akan membuat tarikan mesin lebih berat.
Saat hendak melalui tanjakan, turunkan gigi persneling pada transmisi tiga. Ketika mulai masuk tanjakan, turunkan ke gigi dua. Apabila masih terasa berat, Anda bisa menurunkan lagi ke gigi satu untuk meringankan beban mesin.
"Saat menanjak, hindari mengerem dengan menggunakan rem tangan. Selalu gunakan rem belakang saat ingin berhenti di tanjakan. Rem belakang berfungsi untuk menahan motor dari belakang agar tidak bergerak mundur,” tulis Wahana Honda dalam keterangan resmi.
Berikut cara melewati jalan menanjak dengan motor kopling saat keadaan macet:
1. Turunkan persneling ke gigi rendah karena saat macet maka berkendara dilakukan dengan merayap. Hal ini juga bisa diterapkan pada jalanan yang menanjak dan macet.
2. Saat di tanjakan gantung kopling setengah.
3. Pastikan gas tetap stabil, tujuannya agar mesin tidak mati.
4. Berbeda dengan sepeda motor yang lain, saat di tanjakan maupun jalan biasa jangan menarik tuas kopling penuh. Hal ini untuk mengantisipasi sepeda motor yang justru akan mundur kebelakang. Tepatnya ketika tuas ditarik penuh di jalanan tanjakan.
5. Gantung kopling setengah sambil menaiki jalan tanjakan atau di jalanan biasa saat macet bisa dilakukan.
6. Pastikan kesigapan gerakan tangan kanan untuk menarik gas. Kemudian pastikan juga kesigapan tangan kiri menarik kopling. Sedangkan untuk kaki kanan menekan pedal rem.
Editor: Vien Dimyati