Tips Berboncengan Motor agar Nyaman dan Aman di Perjalanan

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 29 Juli 2018 - 07:01:00 WIB
Tips Berboncengan Motor agar Nyaman dan Aman di Perjalanan
Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan buat pengendara motor maupun penumpang agar perjalanan nyaman dan aman serta terhindar dari kecelakaan.

JAKARTA, iNews.id - Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling praktis untuk  perjalanan. Keberadaan sepeda motor sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang tinggal di daerah minim angkutan umum.

Tak heran, motor menjadi kendaraan alternatif untuk berpergian bersama keluarga atau teman dengan berboncengan. Bahkan, saat ini motor menjadi armada ojek online yang setiap hari membonceng penumpang.

Dikutip dari situs resmi Honda AHM, Jumat (27/7/2018), ada beberapa hal yang wajib diperhatikan buat pengendara maupun penumpang agar perjalanan nyaman dan aman serta terhindar dari kecelakaan.

Pertama yang harus diperhatikan buat pengendara dan pembonceng adalah kelengkapan safety riding, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

Harus diingat bahwa sepeda motor didesain hanya untuk membawa dua orang, yaitu pengemudi dan pembonceng. Hal ini terkait dengan kekuatan struktur, ketersediaan dan kenyamanan tempat duduk serta keamanan pada saat mengendalikan motor.

Jika berkendara dengan pembonceng, si pengemudi haruslah orang yang benar-benar mampu mengendalikan motor. Bagi pengemudi yang baru belajar, lebih baik hindari membonceng keluarga atau teman.

Karena tingkat kewaspadaan pengemudi yang biasa membawa motor dengan yang masih amatir, perbedaannya sangat jauh. Terlebih jika pengemudi amatir belum memiliki SIM, sangat tidak dianjurkan mengendarai motor.

Pengemudi harus dapat mengatur pergerakan titik berat agar seirama dengan pergerakan motor. Jangan sampai saat menikung ke kiri, pengemudi malah miring ke kanan.

Nah, kalau untuk boncengers, harus duduk menghadap ke depan searah dengan pengemudi dan pegang pinggang pengendara serta lutut menjepit ringan agar dapat mengikuti gerakan pengendara sehingga memudahkan kontrol motor.

Selain itu, hindari juga ngeboncegin wanita dengan posisi miring. Motor akan jadi berat sebelah dan menyulitkan pengendalian. Hindari juga menggunakan celana yang berumbai atau rok lebar sehingga berpotensi tersangkut ke dalam roda atau rantai motor.

Terakhir, perhatikan tekanan angin ban pada saat berboncengan. Ban yang kempes bikin tarikan motor jadi berat. Kalau mau berboncengan ada baiknya cek dulu tekanan angin ban. Jangan sampai begitu boncengin, motor malah jadi lelet dan boros.

Editor : Dani M Dahwilani