Touring Jarak Jauh, Ini yang Harus Anda Perhatikan

Riyandy Aristyo · Selasa, 17 September 2019 - 06:57:00 WIB
Touring Jarak Jauh, Ini yang Harus Anda Perhatikan
Keselamatan berkendara (safety riding) saat akan touring perlu dipersiapkan dengan matang karena jarak yang ditempuh lebih berat dibanding riding di dalam kota. (Foto: iNews.id)

GARUT, iNews.id - Touring atau perjalanan jauh menggunakan sepeda motor menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anggota komunitas. Namun, keselamatan dalam berkendara (safety riding) perlu dipersiapkan dengan matang karena jarak yang ditempuh lebih berat dibanding riding di dalam kota.

Ketua KTM Owners Community Indonesia (KOCI), Alfriandi mengatakan, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah perlengkapan keselamatan berkendara, seperti helm full face, sarung tangan, sepatu boot dan jaket tebal.

"Touring jarak jauh berbeda dengan perjalanan dekat. Safety gear-nya juga harus lengkap, apalagi roda dua, direct impact, tentu safety menjadi yang pertama," ujarnya, saat berbincang dengan iNews.id di kawasan Darajat Pass, Garut, baru-baru ini.

Setelah safety gear, persiapan riding jarak jauh lainnya adalah kondisi tubuh. Dalam persiapan touring seringkali pengendara abai dalam mencek kondisi kesehatan atau kurang beristirahat.

"Yang harus dipersiapkan kalau mau touring jarak jauh adalah istirahat. Ini sangat penting untuk memastikan tubuh berada pada kondisi prima dan siap untuk melakukan perjalanan jauh," kata pria yang akrab disapa Alf ini.

Terakhir, lanjut dia, perhatikan medan atau jalur-jalur yang akan dilewati. Jalur yang curam dan berkelok-kelok membutuhkan teknik khusus agar motor tetap berjalan dengan aman.

"Dengan kondisi jalan curam dan berkelok-kelok, memang harus selalu waspada. Ambil cornering jangan terlalu lebar dan perhatikan speed limit jangan terlalu nafsu di posisi seperti itu. Perhatikan kendaraan lain dari atas dan bawah," ujar Alf.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda