Wacana Ganjil Genap Kendaraan Roda 2 Untungkan Pedagang Motor Bekas

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:08 WIB
Wacana Ganjil Genap Kendaraan Roda 2 Untungkan Pedagang Motor Bekas

Wacana ganjil genap berlaku pada semua kendaraan termasuk motor dinilai menguntungkan pedagang motor bekas. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Wacana ganjil genap berlaku pada semua kendaraan termasuk motor dinilai menguntungkan pedagang motor bekas. Pasalnya, konsumen akan berpikir memiliki dua motor yang bisa dipakai bergantian.

"Ini akan menguntungkan buat kita karena membuka peluang masyarakat mencari motor bekas sebagai kendaraan kedua," ujar Pemilik delaer motor bekas, Abadi Jaya Motor Depok, Satriawan saat dihubungi iNews.id, baru-baru ini.

Menurut Satriawan, penjualan motor bekas di era New Normal saat ini belum memenuhi harapan. Masyarakat masih memprioritaskan kebutuhan lebih penting ketimbang kendaraan, khususnya motor bekas.

"Penjualan tak beda jauh saat PSBB beberapa bulan lalu. Tapi sudah mulai ada peningkatan sedikit meski jauh dari target. Dalam sepekan motor yang terjual bisa tiga sampai lima unit, ketimbang masa PSBB yang nol penjualan satu minggu," katanya.

Satriawan yakin, bila aturan ganjil genap juga diterapkan pada kendaraan roda dua, penjualannya bisa meningkat hingga 70 persen. Ini lantaran pengguna motor jauh lebih banyak dari pengendara mobil.

"Prediksi saya penjualan naik 70 persen kalau peraturannya dilaksanakan. Soalnya pengguna motor di Indonesia lebih banyak dari pengguna mobil. Bisa jadi pengguna mobil juga akan beralih memakai motor," ujar Satriawan.

Editor : Dani Dahwilani