Deretan Sasis Bus Paling Diminati di Indonesia, Faktanya Lebih Mahal dari Mobil Mewah
JAKARTA, iNews.id- Memilih sasis terbaik menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan otobus (PO) dalam menjalankan usahanya. Ini merupakan rangka bawah bus yang menopang bodi, mesin, hingga seluruh sistem mekanis bus, seperti roda dan suspensi.
Sebagai informasi, fakta di lapangan harga sasis bus ternyata lebih mahal dari mobil mewah.
Setiap PO bus memiliki strategi dalam memilih sasis yang akan digunakan berdasarkan rute atau trayek yang dilewati. Untuk itu, ada beragam pilihan rangka bus untuk disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya.
Selain untuk kenyamanan penumpang, pemilihan sasis juga didasarkan pada fitur-fitur yang dapat memudahkan pekerjaan pengemudi bus. Bahkan, ada sasis yang disukai karena memiliki tenaga besar dan memiliki kenyamanan tingkat tinggi.
Berikut deretan sasis paling diminati PO bus di Indonesia, meski harganya mencapai miliaran rupiah:
1. Mercedes-Benz

Sasis Mercedes-Benz sangat diminati oleh para PO bus karena menawarkan kenyamanan serta tenaga dan torsi yang besar. Selain banyak digunakan di Pulau Jawa, sasis keluaran pabrikan asal Jerman itu juga banyak digunakan di wilayah Sumatera.
Berdasarkan daya wholeslaes yang dikeluarkan Gaikindo pada Januari-Agustus 2022, jenis sasis bus yang paling banyak digunakan yaitu OH 1525 dan OH 1626 L MT. Masing-masing telh terjual sebanyak 114 dan 115 unit.
Untuk urusan performa, OH 1526 dan OH 1626 L MT dibekali mesin yang sama, yakni mesin diesel 6-silinder segaris turbo intercooler berkapasitas 6.374 cc. Ini dapat menyemburkan tenga 260 hp pada 2.200 rpm dan torsi puncak 950 Nm pada 1.200-1.600 rpm.
Perbedaan antara OH 1526 dan OH 1626 adalah pada transmisi. Jika OH 1526 hanya tersedia transmisi manual, OH 1626 tersedia pilihan manual dan otomatis. Suspensinya juga berbeda, di OH 1626 sudah menggunakan suspensi udara pada depan dan belakang.
2. Hino

Pabrikan asal Jepang ini juga memproduksi sasis bus yang sangat populer di Pulau Jawa karena memiliki mesin yang ‘bandel’. Sistem elektrikal dari sasis bus ini juga tidak terlalu rumit dan perawatannya yang mudah menjadi alasan banyak yang menggunakan sasis ini.
Ada beberapa jenis sasis yang diminati oleh PO bus. Untuk ukuran 5-10 ton, sasis GB150 menjadi yang paling laris dengan penjualan 137 unit sepanjang 2022. Sedangkan di ukuran 15-24 ton, R 260 jadi yang paling diminati dengan penjualan 177 unit.
Hino R260 dibekali mesin diesel 6-silinder segaris berkapasitas 7.684 cc dengan turbo intercooler. Tenaga yang mampu dikeluarkan mencapai 260 PS pada 2.500 rpm dan torsi maksimum 745 Nm pada putaran 1.500 rpm.
Sementara untuk Hino GB150 dibekali mesin diesel 4-silinder segaris dengan variable nozzle turbocharger intercooler common rail. Ini menumpahkan tenaga hingga 150 PS pada 2.500 rpm dan torsi puncak 42 Nm pada 1.400-2.500 rpm.
3. Scania

PT United Tractors membawa masuk sasis bus Scania atau yang biasa disebut sasis tronton dengan kode K410iB. Sasis ini biasa digunakan untuk bus tingkat atau double decker karena memiliki tenaga yang besar.
Scania K410iB dilengkapi dengan mesin diesel 6-silinder segaris 13 liter DC13 107 Euro 4 dengan torbocharged intercooler berkapasitas 12.700 cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 410 hp pada 1.900 rpm dan torsi puncak 2.000 Nm pada 1.350 rpm.
Selain memiliki tenaga besar, Scania KB410iB juga sangat nyaman sehingga sasis ini kerap digunakan pada bus-bus mewah. Suspensi udara pada tiap poros roda dan gearbox semi-otomatis membuat pergerakan bus terasa sangat halus.
Editor: Ismet Humaedi