Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Tersambar Denza D9, Harga Mobil Bekas Toyota Alphard dan Voxy Anjlok
Advertisement . Scroll to see content

Intip Cara Kerja Sistem Penggerak Roda Depan Xpander, Kini Digunakan Banyak Mobil MPV

Jumat, 18 Februari 2022 - 14:35:00 WIB
Intip Cara Kerja Sistem Penggerak Roda Depan Xpander, Kini Digunakan Banyak Mobil MPV
Sistem penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) selain digunakan pada mobil jenis sedan kini banyak dipakai model multi purpose vehicle (MPV). (Foto: Tangkapan Layar YouTube)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Sistem penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) selain digunakan pada mobil jenis sedan kini banyak dipakai model multi purpose vehicle (MPV). Di Indonesia salah satu mobil MPV yang menggunakan sistem penggerak FWD adalah Xpander

 Ini kemudian diikuti model MPV lainnya. Sekarang hampir semua mobil low MPV di Indonesia menggunakan sistem penggerak roda depan.

Bagaimana cara kerja mobil berpenggerak roda depan? Tenaga dari mesin mobil FWD disalurkan ke dua roda di bagian depan. Tidak ada proses tenaga melalui gardan untuk menyalurkannya ke roda belakang. 

Karena hanya membutuhkan sedikit komponen dan tidak ada gigi transmisi serta poros untuk menyalurkannya ke roda belakang, mobil berpenggerak roda depan memiliki bobot lebih ringan.

"Mobil penggerak roda depan dan belakang untuk kendaraan penumpang sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan jika berbicara masalah daya jelajah, seperti kekuatan menanjak antara penggerak roda depan dan belakang. Ada perbedaan hanya pada mobil-mobil beban berat seperti truk," kata pereli nasional dan brand ambassador Mitsubishi, Rifat Sungkar, saat berbicang dengan jurnalis, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, keuntungan pada mobil dengan penggerak roda depan adalah sisi handling. Menurutnya, mobil FWD lebih mudah dikendalikan. Pengemudi lebih gampang mengarahkan kendaraan sesuai dengan keinginan.

Sementara dari sisi desian interior, para insinyur lebih mudah mengatur ruang kabin belakang karena tidak ada axle (gardan). Lantai bisa dibuat rata dan penumpang mendapatkan kenyamanan lebih saat perjalanan jauh.

Lebih jauh, Rifat menjelaskan, hilangnya axle membuat kabin lebih senyap dan tenaga mesin yang disalurkan ke roda lebih maksimal. "Misal mobil mesin bertenaga 100 hp, jika mobil penggerak roda belakang, total tenaga yang dikeluarkan ke roda akan terpangkas 35 persen. Mobil FWD ada tapi tidak terlalu besar," katanya.

Dia melanjutkan mobil berpenggerak roda depan juga unggul saat traksi atau gaya gesek ban mobil dan permukaan jalan ketika hujan. Gaya gesek lebih aman karena roda depan yang menarik roda belakang. Berat mesin mobil yang berada di depan dapat membantu traksi lebih aman.

"Justru dengan menganut sistem penggerak roda depan, keunggulan Mitsubishi Xpander ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil FWD diketahui akan lebih bagus pada jalan kondisi yang licin,"ujar Rifat.

Dia menerangkan ini karena roda depan bertugas menarik mobil, bukan mendorong seperti kendaraan dengan penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD). Selain itu, berat mesin mobil yang berada di depan, lebih memberikan rigid pada roda, sehingga membantu traksi di saat kondisi hujan maupun jalan licin.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut