Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Horor! Tabrakan 4 Kendaraan Tewaskan 63 Orang
Advertisement . Scroll to see content

Intip Perbandingan Bus Indonesia dan India, Mulai dari Bodi hingga Jarak Tempuh Mana Lebih Baik?

Selasa, 23 Mei 2023 - 17:51:00 WIB
Intip Perbandingan Bus Indonesia dan India, Mulai dari Bodi hingga Jarak Tempuh Mana Lebih Baik?
Jumlah penduduk yang begitu banyak tak heran jika transportasi bus umum disediakan untuk mobilitas sehari-hari. (Foto: Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id- Transportasi darat menggunakan bus masih menjadi pilihan bagi sejumlah masyarakat. Apalagi bagi negara yang jumlah penduduknya banyak seperti Indonesia dan India, tentunya sarana transportasi bus sangat dibutuhkan.

Seperti diketahui India dan Indonesia masuk dalam 5 besar negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Indonesia punya ratusan juta penduduk, masih lebih sedikit dibanding India yang jumlahnya tembus 1 miliar jiwa.

Jumlah penduduk yang begitu banyak tak heran jika transportasi bus umum disediakan untuk mobilitas sehari-hari. Jika dibandingkan antara India dan Indonesia, terdapat sejumlah perbedaan bus antar kedua negara.

Indonesia sedikit lebih unggul dari segi fasilitas layanan serta keamanan para penumpang. Untuk lebih lengkapnya, berikut perbandingan bus Indonesia dan India, dikutip dari kanal YouTube Taufik RS, Selasa (23/5/2023).

1. Bus Dalam Kota

India dan Indonesia sama-sama memiliki bus dalam kota. Sebagai contoh, bus TransJakarta sudah menggunakan sasis bus premium seperti Mercedes Benz, Scania, dan Volvo. Menariknya lagi, bus ini dibalut bodi buatan karya anak bangsa karoseri Laksana Ungaran Semarang.

Selain itu bus dalam kota Indonesia juga tersedia jenis double decker alias bus tingkat. Bus-bus dalam kota di Indonesia sangat mengutamakan kenyamanan para penumpang dengan sejumlah fasilitasnya.

Berbeda dengan Indonesia, bus dalam kota di India justru lebih sederhana. Bus kota ini disebut dengan Delhi Transport Corporation (DTC). Ini merupakan badan penyelenggara bus kota yang sudah berdiri sejak 1948.

Rata-rata DTC menggunakan bus lokal dengan nama Tata. Uniknya, penumpang wanita bisa bepergian secara gratis dengan bus kota di India. Ada juga bus kelas ekonomi sehingga lebih terkesan variatif.

2. Kapasitas Penumpang

Bus di Indonesia sudah tergolong lebih baik dalam hal kapasitas. Kebanyakan saat ini bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menggunakan konfigurasi kursi 2-2. Namun beberapa ada juga yang menerapkan sistem 1-2.

Tak hanya itu, beberapa armada bus juga menyediakan berbagai fasilitas mewah layaknya hotel. Terdapat kelas sleeper, kursi dengan foot rest dan leg rest, bantal, selimut, hingga toilet yang semakin memanjakan penumpang.

Berbeda halnya dengan India. Di negara ini sebuah pemandangan yang biasa ketika beberapa penumpang saling berebut kursi penumpang. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk yang begitu banyak dan kebutuhan mobilitas yang besar.

Makanya tak heran jika kerap ditemui penumpang yang berdesak-desakan memasuki bus. Bahkan bus di India juga sering membawa penumpang melebihi kapasitasnya.

3. Bodi Bus dan Mesin

Indonesia maupun India mempunyai karoseri lokal untuk membuat bodi bus. Bedanya, Indonesia masih mengimpor sasis bus luar negeri. Beberapa di antaranya seperti Mercedes Benz, Scania, Volvo, dan Hino.

Sementara itu, India sudah mampu memproduksi mesin bus sendiri bermerek Tata. Meskipun mengusung spesifikasi yang biasa, produk buatan India ini tetap nyaman dan aman digunakan.

Untuk soal bodi, masing-masing karoseri mengikuti standar yang ditetapkan oleh regulator di negaranya. Baik Indonesia dan India sama-sama mengeluarkan bus yang memenuhi kelayakan jalan.

4. Sopir Bus

Bicara soal sopir bus sebenarnya tidak jauh berbeda antara Indonesia dan India. Sopir bus di kedua negara ini sangat mengutamakan kecepatan untuk mengejar target waktu penumpang.

Sopir bus di India sendiri tidak hanya mengutamakan kecepatan, tapi juga terkenal agresif. Hal ini biasanya terjadi pada saat kemacetan parah di jam-jam sibuk.

Meski begitu, beberapa pengemudi bus masih ada yang tidak terlalu mengutamakan kecepatan. Hal ini demi menjaga kenyamanan dan keselamatan penumpangnya.

5. Jarak Tempuh

Bus di India hanya melayani trayek paling jauh sekitar 1.000 kilometer dan rata-rata di bawah angka tersebut. Diketahui jarak tempuh terjauh bus di India yakni hanya 1.030 kilometer.

Sementara di Indonesia, banyak PO bus yang terkenal karena jarak tempuhnya yang sangat jauh. Bahkan tak sedikit bus yang melayani perjalanan antar pulau.

Diketahui rute paling jauh bus di Indonesia bisa menempuh jarak 2.900 kilometer. Beberapa bus yang terkenal seperti PO Putra Pelangi, PO Medan Jaya, hingga PO ALS.

Editor: Ismet Humaedi

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut