Kembali Bangkit, Penjualan Mobil di China April Diperkirakan Tembus 2 Juta Unit

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 07 Mei 2020 - 23:14 WIB
Kembali Bangkit, Penjualan Mobil di China April Diperkirakan Tembus 2 Juta Unit

Asosiasi Produsen Otomotif China (CAAM) memperkirakan penjualan mobil pada April 2020 tembus 2 juta unit. (Foto: AFP)

SHANGHAI, iNews.id - Asosiasi Produsen Otomotif China (CAAM) memperkirakan penjualan mobil pada April 2020 tembus 2 juta unit, naik 0,9 persen dari tahun sebelumnya atau 39,8 persen dari Maret. Raihan ini mengakhiri penurunan hampir dua tahun sekaligus menandai pulihnya pasar China dari virus corona (Covid-19).

Dilansir dari Reuters, Kamis (7/5/2020), pertumbuhan pada April akan menjadi kenaikan pertama dalam penjualan mobil di China setelah 21 bulan berturut-turut menurun karena ekonomi terbesar kedua di dunia itu melambat.

Namun, CAAM memperkirakan penjualan kendaraan pada Januari-April turun 32,1 persen YoY menjadi 5,67 juta unit. Ini sebagai dampak pembatasan ketat (lockdown) yang diberlakukan pemerintah China pada awal tahun, guna menghentikan penyebaran virus corona.

Beberapa pemerintah daerah di China telah menawarkan insentif untuk menghidupkan kembali penjualan mobil. CAAM sendiri akan mengumumkan penjualan April pada 11 Mei nanti.

China telah menjadi harapan bagi para pembuat mobil termasuk Volkswagen (VW) dan General Motors (GM) karena industri otomotif global saat ini terpukul pandemi corona.

Perusahaan dari Geely Automobile Holdings Ltd hingga produsen mobil AS, Ford Motor Co (F.N) telah melaporkan pertumbuhan penjualan dari tahun-ke-tahun untuk April dalam beberapa hari terakhir.

Editor : Dani Dahwilani