Pasar Otomotif Indonesia Makin Menantang, Penjualan Mobil Honda 50 Persen Ditopang Brio
JAKARTA, iNews.id - Persaingan pasar otomotif di Indonesia semakin menantang. Selain banyak konsumen yang menunda penjualan di awal tahun karena situasi politik dan ekonomi, banyaknya merek baru dari China ikut memotong kue penjualan.
Honda mencatatkan penjualan ke konsumen (retail sales) sebanyak 6.507 unit pada April 2024. Brio masih menjadi penopang penjualan Honda dengan mencatatkan retail sales 3.434 unit pada April 2024. Mobil city car ini berkontribusi sebesar 52,7 persen terhadap penjualan Honda.
Adapun pada pada kuartal pertama 2024, Honda mencatatkan penjualan 36.251 unit. Atas capaian tersebut, Honda menempati peringkat ketiga penjualan mobil di Indonesia.
“Penjualan kendaraan di kuartal pertama tahun ini dipengaruhi berbagai faktor, mulai dari situasi politik hingga ekonomi secara global maupun nasional. Kondisi ini menyebabkan beberapa konsumen memilih menunda pembelian hingga situasi dianggap lebih stabil," ujar Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, Yusak Billy dalam keterangan pers dilansir Minggu (18/5/2024).
Sementara model mobil Honda lainnya pada April 2024, HR-V terjual sebanyak 1.085 unit, diikuti WR-V sebanyak 772 unit, dan BR-V sebanyak 684 unit. Sisanya produk lain hanya sebanyak 532.
“Untuk mempertahankan permintaan produk-produk Honda, kami menerapkan beberapa strategi di antaranya program penjualan yang meringankan pembelian, serta memperkuat jaringan layanan purna jual untuk konsumen loyal dalam merawat kendaraan sehingga resale value tetap terjaga,” kata Billy.
Editor: Dani M Dahwilani