Penjualan Capai 102.865 Unit, Suzuki Targetkan Market Share Tahun Ini 12 Persen
JAKARTA, iNews.id - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W melaporkan penjualan kendaraannya sepanjang 2019 sebanyak 102.865 unit. Model mobil apa yang menjadi kontribusi?
"Raihan angka penjualan ini membuktikan, Suzuki masih menjadi mobil pilihan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan di Indonesia," ujar President Director PT SIS, Seiji Itayama, baru-baru ini
Dari total penjualan tersebut, kontribusi paling besar disumbangkan Suzuki New Carry sebanyak 54.943 unit. Sementara di posisi kedua ada All New Ertiga yang mencapai 26.377 unit. "Secara nasional, penjualan produk lokal Suzuki berkontribusi sebesar 87,1 persen," kata Itayama.
Selain itu, dari segmen kendaraan komersial, Suzuki Carry Pick Up juga memimpin segmen low pikap dengan pangsa pasar sebesar 56,8 persen.
Sepanjang 2019, Suzuki meluncurkan empat model anyar, yakni All New Ertiga Suzuki Sport (Maret), New Carry Pick Up (April), Jimny (Juli), dan New Baleno (Desember).
Tak hanya fokus berjualan, pabrikan asal Jepang ini juga terus meningkatkan pelayanan purnajualnya. Sepanjang 2019, lebih dari satu juta unit mobil Suzuki servis di bengkel resmi atau meningkat 8 persen dibanding 2018.
Pada 2020, merek mobil berlogo S ini meningkatkan target market share (pangsa pasar) hingga 12 persen dan target ekspor mobil sebanyak 69.000 unit, baik dari CKD (rakitan) maupun CBU (utuh).
Sepanjang 2020, Suzuki telah melebarkan jaringan purnajual di seluruh Indonesia dengan membuka enam dealer baru 4W dengan fasilitas Sales, Service, Spare Part (3S).
Editor: Dani M Dahwilani