Posting Foto Lawas saat Ngerintis PO Haryanto, Rian Mahendra Ungkap Sulitnya Cari Penumpang
JAKARTA, iNews.id - Banyak kisah menarik di balik perjuangan pemilik perusahaan otobus (PO) dalam merintis usaha. Salah satu paling mendasar adalah bagaimana cara mendapat kepercayaan dari penumpang.
Hal tersebut diungkapkan Rian Mahendara, mantan direktur operasional PO Haryanto melalui akun Instagramnya. Dalam postingan foto lawasnya saat masih ngebolang dengan topi dibalik dan sendal jepit, Rian Mahendara menuliskan bagaimana berjuang di lapangan membantu usaha sang ayah.
"Pernah ngerasain susahnya nyari penumpang?? Lu tau kenapa nyari penumpang itu susah??" tulis Rian.
"Karna aslinya walau kita yg jualan tiket.. Tapi benernya kita lah aslinya yg pembeli.. Kita bukan sedang jualan tiket.. Tapi kita yg sedang berusaha ngebeli kepercayaan dia agar dia mau gunain jasa kita..," ujarnya.
Dia mengungkapkan harga tiket bus relatif murah. Penumpang bisa membeli namun belum tentu membeli tiket bus tersebut bila penumpang tidak percaya. "Harga tiket ma murah.. penumpang pasti punya duit kalo cuma buat beli tiket.. yang susah itu dapetin kepercayaan dia buat mau beli tiket kita..," katanya.
Menurut Rian, meski mencari penumpang susah, namun ada yang lebih sulit, yaitu mendapat pelanggan. "Susah kan nyari penumpang?? Itu baru penumpang.. belum masuk ketahap nyari pelanggan.. nyari pelanggan jauh lebih susah lagi..," ujarnya.
Dia pun sangat menyayangkan apabila ada perusahaan yang menganggap remeh keberadaan penumpang. "Jadi kalo ada perusahaan yg nyepelein kebutuhan dan keinginan konsumen.. atau ada perusahaan yg lebih mengutamakan keinginan dan kebutuhan dia dr pada keinginan dan kebutuhan konsumen.. jangan usaha usaha dibidang jasa..," kata Rian Mahendra.
Sebelumnya, melalui video klarifikasi di kanal YouTube Po Haryanto Official, Rian mengungkapkan per 22 Juli 2022 dirinya sudah tidak lagi menjadi bagian dari PO Haryanto. Tugasnya mengembangkan perusahaan sudah selesai.
Rian pun menceritakan bagaimana dirinya berjuang dari nol selama 19 tahun. Harus meninggalkan istri dan anak demi membuka jalur baru, penumpang hanya satu-dua, mencari agen, dari terminal menyeramkan sekarang menjadi tempat menyenangkan.
Meski tidak lulus SMP, di tangan Rian Mahendra, PO Haryanto menjelma menjadi perusahaan yang populer di kalangan generasi milenial. Hingga ini, kanal YouTube PO Haryanto Official memiliki lebih dari 533.000 subscriber. PO Haryanto juga memiliki komunitas terbanyak di media sosial Facebook, Haryanto Mania (HM) dengan jumlah anggota lebih dari 195.000.
Namun, entah apa yang salah Rian Mahendra didepak sang ayah H Haryanto dari perusahaannya hingga viral. Kabar terbaru, Rian kini tengah sibuk meristis trip untuk pariwisata.
Editor: Dani M Dahwilani