Waspada, Ini Penyebab Kendaraan Tiba-Tiba Mogok saat Melintasi Jalur Kereta
JAKARTA, iNews.id - Kenapa banyak kendaraan tiba-tiba mogok saat melintasi jalur kereta api (KA)? Situasi ini sangat berbahaya karena kerap menyebabkan tabrakan di perlintasan sebidang.
Seperti kecelakaan yang terjadi di palang pintu Jalan Madukoro Raya Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/7/2023), pukul 19.30 WIB, antara Kereta Brantas Bernomor KA 112 jurusan Stasiun Pasar Senen-Blitar dengan truk kontainer. Kecelakaan tersebut viral setelah video detik-detik tabrakan terekam kamera CCTV dan ponsel warga.
Kereta yang mengangkut sekitar 615 penumpang itu menabrak truk kontainer tak bermuatan yang mogok di perlintasan. Bahkan, terjadi ledakan saat kereta menabrak badan truk yang melintang di perlintasan.
Padahal, berdasarkan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 114, pada pelintasan sebidang antara jalur KA dan jalan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu KA sudah mulai ditutup, serta wajib mendahulukan kereta api.
Lantas, apa penyebab kendaraan mogok saat berada di perlintasan sebidang? Dilansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Perkeretaapian, @ditjenperkeretaapian, Rabu (19/7/2023), berikut penyebabnya.
1. Medan magnet dari kabel penghantar arus listrik
Salah satu penyebab mobil mogok saat berada di rel kereta adalah kabel penghantar arus listrik. Pada rel kereta terdapat emisi elektromagnetik.
Kabel penghantar arus yang terpasang pada rel kereta api tidak kompatibel dengan mesin mobil. Arus listrik itu akan menghantarkan medan magnet yang sangat tinggi, jika ada kereta yang akan melintas pada jarak sekitar 600 meter.
Medan magnet akan membuat putaran mesin, mati karena ECU yang menjadi penggerak mobil berhenti bekerja.
2. Medan magnet dari lokomotif
Penyebab berikutnya yang membuat mesin mobil mati tiba-tiba ketika melintasi rel kereta karena medan magnet yang dihantarkan dari dinamo lokomotif ke rel kereta. Kondisi ini dapat terjadi dalam radius 1 kilometer.
Sebab itu, inilah alasannya kenapa palang pintu rel kereta ditutup meskipun kereta belum terlihat. Jadi jangan coba-coba memaksa untuk menerobos palang pintu ketika sirine perlintasan sudah dibunyikan.
3. Putaran dinamo mobil mati
Penyebab mobil mogok saat berada di rel adalah putaran dinamo mati. Kebanyakan mobil yang melaju di rel kereta berada pada kecepatan rendah atau menggunakan gigi mesin di putaran rendah. Ini menyebabkan putaran mesin dinamo dan koil bisa mati.
4. Kondisi psikis pengendara
Penyebab terakhir kenapa kendaraan mogok di lintasan rel terkait dengan psikologi pengemudi. Saat sirine bunyi di tengah perlintasan pengemudi biasanya akan panik.
Ini menjadi salah satu faktor yang membuat pengendara sulit menyalakan mesin mobil. Sebab itu, selalu berupaya tenang saat menyalakan mesin mobil walau dalam kondisi darurat.
Demikian ulasan penyebab mobil bisa mogok saat berada di rel kereta perlintasan sebidang. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan coba-coba menerobos perlintasan kereta api saat sirine telah berbunyi.
Editor: Dani M Dahwilani