Cara Merawat Ban Tubeles Agar Tidak Cepat Gundul

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 16 Januari 2018 - 06:17 WIB
Cara Merawat Ban Tubeles Agar Tidak Cepat Gundul

Peliharalah ban kendaraan Anda, jika usia pakai sudah habis atau gundul, tak ada pilihan selain harus mengganti dengan yang baru. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ban merupakan salah satu komponen yang memiliki masa pakai. Artinya, jika usia pakai sudah habis atau ban gundul, tak ada pilihan selain harus mengganti dengan yang baru.

Jika tidak, hal ini bisa membahayakan keselamatan Anda berkendara. Ban bisa kempes di tengah perjalanan atau yang paling mengerikan pecah di jalan.
 
"Di sini peran pengemudi dalam menggunakan kendaraan sangat penting. Ban akan awet bila cara pakai kendaraan bijak dan melakukan perawatan secara rutin," ujar Rudy Novianto, praktisi keselamatan berkendara dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Jakarta.

Untuk itu, Rudy pun berbagi tips cara merawat ban tubeless agar tetap awet:

1. Gunakan Tekanan Angin yang Tepat

Setiap ban memiliki standar tekanan angin ideal. Umumnya tergantung pada jenis kendaraan dan pemakaian.

"Kebanyakan mobil terbaru mengatur tekanan ban depan mereka berada di kisaran 30-32 psi. Sedangkan untuk ban belakang, tekanan yang menjadi acuan sekitar 36-40 psi," katanya.

2. Jangan Langsung Mencabut Penyebab Bocor

Bukan tidak mungkin ban mobil Anda terkena musibah di perjalanan. Contohnya, ban tertusuk paku atau potongan besi di jalan.

"Jika Anda melihat ada paku atau benda aneh yang menancap di ban mobil, jangan langsung dicabut. Jika dicabut, maka seluruh angin ban akan keluar dan kempes. Ini menyulitkan Anda karena harus mengganti dengan ban serep," jelas Rudy.

Benda yang menancap pada ban, sebaiknya dicabut pada saat Anda tiba tempat tambal ban. Sehingga begitu ban kempes bisa langsung ditambal.

3. Lakukan Spooring dan Balancing

Dalam masa pemakaian, melakukan spooring dan balancing ban secara berkala adalah langkah yang sangat dianjurkan. "Selain untuk menjaga kestabilan saat mengemudi, spooring dan balancing mobil juga menjaga agar masa pakai ban dapat lebih merata atau tidak aus sebelah," katanya.

4. Lakukan Pengecekan Secara Berkala

Kondisi ban juga menjadi piranti yang menjaga keselamatan Anda selama berkendara. Karena itu, selalu lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan ban mobil selalu dalam keadaan baik.

"Cara sederhana adalah melihat apakah ban mobil sudah melewati batas tanda D di bahu ban yang merupakan acuan keausan minimum dari ban tersebut. Selanjutnya, periksa seluruh tapak dan dinding ban untuk memastikan tidak ada retak atau kerusakan yang dapat membahayakan saat ban mobil dipacu pada kecepatan tinggi," tandas Rudy.

5. Hindari Menghantam Lubang

Sebisa mungkin hindari menghantam lubang saat Anda melaju pada kecepatan tinggi. Jika jalan yang Anda lalui kurang baik, jalankan mobil secara perlahan agar ban tidak menerima hantaman secara keras.


Editor : Dani Dahwilani