Geser Agera RS, Hennessey Venom F5 Jadi Mobil Tercepat di Dunia

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 15:09 WIB
Geser Agera RS, Hennessey Venom F5 Jadi Mobil Tercepat di Dunia

Hennessey Venom F5 diklaim menjadi mobil tercepat di dunia pada 2018. (Foto: Motor1/Digitaltrends)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Dalam beberapa tahun terakhir, predikat mobil tercepat di dunia masih dipegang oleh Koenigsegg Agera RS. Kali ini, tahta tersebut direbut Hennessey Venom F5.

Meski belum ada uji coba resmi seperti yang dilakukan Agera RS, Venom F5 diklaim mampu meraih kecepatan 249 mph hanya dalam waktu 30 detik. Namun, posisi Hennessey Venom F5 bisa dibilang belum aman, lantaran beberapa hypercar lain mulai membuntuti untuk mencatatkan rekor jet darat tercepat.

Berikut deretan mobil tercepat di dunia sesuai dengan urutan peringkat seperti dilansir dari Digitaltrends, Jumat (12/10/2018).

1. Hennessey Venom F5

Venom F5
Hennessey Venom F5 diklaim menjadi mobil tercepat di dunia pada 2018. Mobil ini dibekali mesin 7.4 liter twin-turbo V8 yang sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 301 mph, dan hanya butuh 30 detik untuk mencapai kecepatan 249 mph.

Sayang, Hennessey masih belum tercatat sebagai mobil tercepat di dunia. Karena pihak produsen sendiri belum mengkonfirmasi ke Guinness Book of World Records. Alhasil, yang masih terdaftar sebagai mobil tercepat di dunia adalah Koenigsegg Agera RS.

2. Koenigsegg Agera RS

Agera RS
Mobil balap Koenigsegg Agera RS menjadi mobil tercepat di dunia pada 2017. Koenigsegg Agera RS membukukan kecepatan rata-rata 445 km/jam di jalan raya sepanjang 30 km yang menghubungkan Las Vegas dan Pahrump.

Baca: Jajaran Mobil Tercepat di Dunia dari Zaman ke Zaman

Hal ini membuat Koenigsegg Agera RS menjadi kendaraan komersial tercepat yang pernah dibangun. Waktu akselerasi 0 hingga 400 km/jam dan kemudian kembali ke 0 hanya 33,29 detik lebih cepat dari Bugatti Chiron.

3. Hennessey Venom GT

Venom GT
Mobil tercepat di dunia selanjutnya datang dari saudara Venom F5 yakni Hennessey Venom GT. Pada 2014, mobil ini bisa mencapai kecepatan sebesar 270 mph.

Kecepatan tersebut hampir sama dengan kecepatan mobil tercepat di dunia versi Guinness Book of World Records, Koenigsegg Agera RS yang mempunyai kecepatan maksimum 278 mph.

Akan tetapi, kecepatan Venom GT hanya berlaku untuk satu arah saja, masih belum dicoba segala arah yang mempunyai kondisi angin yang berbeda.

4. Bugatti Veyron Super Sport

Bugati
Nama Bugatti selalu identik dengan mobil dengan kecepatan fantastis. Bugatti mengandalkan Veyron Super Sport dengan mesin quad-turbocharge W16 yang sanggup menghasilkan kecepatan maksimum 268 mph pada 2010.

Kecepatan ini tentu tidak hanya dipengaruhi oleh mesin, tetapi juga sisi aerodinamis. Veyron Super Sport mempunyai sistem aerodinamis yang efektif, sehingga kecepatan maksimal bisa dicapai dengan lebih cepat dan mudah.

Bagi yang berminat dengan mobil satu ini, siapkan dana yang besar. Pasalnya harga mobil balap ini dibanderol sebesar 1,7 juta dolar AS atau setara dengan Rp25 miliar.

Catatan waktu mobil tercepat di dunia

Jajaran Mobil Tercepat


Editor : Dani Dahwilani