Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Advertisement . Scroll to see content

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Rabu, 08 September 2021 - 16:06:00 WIB
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Baca Berita

JAKARTA, iNews.id - Cara membuat surat lamaran kerja sangat mudah. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat surat lamaran kerja oleh Anda. 

Surat lamaran kerja diperlukan untuk mendapatka pekerjaan. Cara membuat surat lamaran kerja sekarang juga sudah mudah berkat teknologi yang berkembang saat ini. 

Cara membuat surat lamaran kerja juga bisa dilakukan dengan manual. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk cara membuat surat lamaran kerja.

Jika Anda salah satu orang yang ingin melamar pekerjaan, berikut ini cara membuat lamaran kerja yang bisa dicoba sebagaimana dikutip dari halaman Wiki how, Rabu (8/9/2021).

Mempersiapkan Surat Lamaran Kerja Anda
1. Ambil selembar kertas dan buat dua kolom. Di kolom kiri tulis "Persyaratan" dan di kanan, "Keterampilan Saya". Baca lamaran pekerjaan dengan cermat dan pahami persyaratan untuk pekerjaan ini. Selanjutnya Anda akan membandingkannya dengan keahlian dan pengalaman Anda di resume Anda.

2. Mulailah surat Anda dengan mencantumkan informasi kontak Anda di bagian atas. Gunakan format, tata letak, dan font yang mudah dibaca sesuai keinginan Anda untuk memudahkan calon atasan menghubungi Anda. Sebelum Anda memulai surat Anda, pastikan Anda memiliki kop surat yang tepat.

Tulis Surat Lamaran Kerja Anda
1. Tulis paragraf pertama yang menarik. Orang yang merekrut membaca banyak surat lamaran, dan sebagian besar waktu manajer perekrutan akan memindai mereka dengan cepat untuk memutuskan apakah surat Anda masuk ke tempat sampah atau tumpukan "simpan". 

2. Kemudian, sebutkan di mana Anda menemukan posisi yang Anda lamar. Sebelum melamar, lakukan riset dan lihat apakah Anda mengenal seseorang di perusahaan tersebut. Itu selalu lebih baik untuk memiliki dan referensi, dan jangan takut untuk menyebutkan nama jika Anda memiliki izin karyawan.

3. Jelaskan mengapa mempekerjakan Anda akan menguntungkan perusahaan.

4. Ringkaslah secara singkat kekuatan, kualifikasi, dan pengalaman Anda. Di paragraf kedua Anda, Anda ingin mencerminkan kualifikasi pekerjaan ke dua atau tiga kemampuan dan pengalaman Anda yang menunjukkan mengapa Anda sempurna untuk peran itu.

5. Lukis gambar diri Anda yang tidak ada di resume Anda. Manajer perekrutan dapat membaca CV atau resume Anda dan melihat apa yang telah Anda lakukan di pekerjaan Anda sebelumnya. Anda ingin menunjukkan kepada manajer perekrutan siapa orang di balik pencapaian tersebut.

Selesaikan Surat Lamaran Kerja Anda
1. Ringkaslah secara singkat mengapa Anda adalah kandidat yang sempurna untuk pekerjaan itu dalam satu kalimat. Mengakhiri surat lamaran Anda dengan catatan yang benar adalah bagian yang sangat penting dari surat Anda karena dapat membantu Anda mendapatkan wawancara.

2. Undang manajer perekrutan untuk menghubungi Anda. Beri tahu pembaca Anda bahwa Anda akan menyukai kesempatan untuk berbicara lebih jauh tentang posisi tersebut dan memberikan info kontak Anda lagi.

3. Tanda tangan

4. Tulis nama Anda di bawahnya. Setelah Anda menandatangani, tulis nama lengkap Anda di baris terakhir, dan pertimbangkan untuk menyertakan tanda tangan.

Selamat Mencoba cara membuat surat lamaran kerja!

Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut