Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
UMKM Kopi Toraja Ini Jadi Pemasok Coffee Shop di 5 Negara Berkat BRI
Advertisement . Scroll to see content

UMKM Kopi Toraja Ini Jadi Pemasok Coffee Shop di 5 Negara Berkat BRI

Minggu, 29 Juni 2025 - 14:51:00 WIB
UMKM Kopi Toraja Ini Jadi Pemasok Coffee Shop di 5 Negara Berkat BRI
Baca Berita

JAKARTA, iNews.id - UMKM asal Toraja, ToRi Coffee, berhasil menembus pasar global dan menjadi pemasok untuk coffee shop di lima negara, berkat pendampingan berkelanjutan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Produk kopi khas Toraja kini dinikmati di Australia, Prancis, Jepang, Belanda dan Singapura meski skala terbatas.

Didirikan oleh pasangan Citra Wulandari dan Fredy Pairunan sejak 2 Februari 2020, ToRi Coffee tumbuh dari usaha kecil menjadi pelaku ekspor dengan misi sosial. Citra dan suami memilih kembali ke kampung halaman untuk mengembangkan kopi Toraja sekaligus memperkenalkan budaya etnik lokal ke panggung internasional.

“Toraja dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia, hingga akhirnya kami memutuskan untuk mengangkat karakter etnik Toraja di coffee shop kami, termasuk dalam filosofi brand hingga desain produk,” ujar Citra, dikutip Minggu (29/6/2025).

ToRi Coffee kini menjadi pemasok kopi roasted bean dan kopi bubuk ke berbagai daerah di Indonesia dan konsumen luar negeri. Uniknya, produk mereka sudah masuk ke menu coffee shop luar negeri.

“Untuk luar negeri, biasanya pemesanan dilakukan untuk menu khusus di coffee shop atau konsumsi pribadi, dengan minimal pembelian lima kilogram dan continue,” kata Citra.

Langkah ekspor ToRi Coffee makin mantap usai meraih penghargaan Best Newcomer dalam ajang BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Lewat ajang tersebut, mereka terhubung dengan buyer dari Singapura saat mengikuti FHA Food & Beverage 2025.

“Saat mengikuti FHA, kami dihubungi oleh potential market dari Singapura yang tertarik untuk memasok beans Toraja ke coffee shop mereka,” tambahnya.

Capaian ToRi Coffee bukan proses instan. Perjalanan ekspor dimulai sejak mereka memanfaatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI dan ikut dalam program Pengusaha Muda BRILiaN 2022, yang memperkuat fondasi bisnis mereka melalui pelatihan branding, digital marketing, hingga peluang e-commerce.

“Tentu berkat pendampingan dari BRI usaha kami jadi lebih level up. Kami mendapat kesempatan untuk mengikuti berbagai expo, yang berdampak langsung pada peningkatan pemasaran produk,” kata Citra.

Kini, ToRi Coffee tidak hanya jadi kebanggaan Toraja, tapi juga bukti bahwa UMKM lokal bisa bersaing di pasar internasional. Citra berharap ke depan mereka dapat melakukan ekspor dalam skala besar dan tetap memberdayakan masyarakat sekitar.

“Kami ingin ToRi Coffee menjadi role model UMKM berbasis lokal yang berdampak luas. Dan kami percaya BRI akan terus menjadi mitra penting dalam perjalanan ini,” katanya.

Sementara Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi menyampaikan bahwa BRI akan terus mendorong UMKM naik kelas.

“Kami meyakini bahwa dengan dukungan yang tepat, pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan usahanya secara berkelanjutan, meningkatkan daya saing, serta dapat menembus pasar internasional,” katanya.

Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut