NBA

21 Tahun Bela Dallas Mavericks, Dirk Nowitzki Pensiun di Akhir Musim

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 10 April 2019 - 20:37 WIB
21 Tahun Bela Dallas Mavericks, Dirk Nowitzki Pensiun di Akhir Musim

Bintang Dallas Mavericks Dirk Nowitzki. (Foto: Frederic J. BROWN/AFP)

DALLAS, iNews.id - Pemain Dallas Mavericks Dirk Nowitzki memutuskan pensiun dari karier profesionalnya pada akhir musim ini. Dia menutup pertandingan kandang terakhirnya di American Airlines Center dengan kemenangan 120-109 atas Phoenix Suns, Rabu (10/4/2019) siang WIB.

Nowitzki menjalani debut profesionalnya bersama klub Jerman DJK Wuerzburg pada 1994 silam. Dia kemudian dikontrak oleh Mavericks pada 1998, dan sejak itu bertahan di sana meski kerap mendapat tawaran dari klub lain.

Pemain kelahiran Jerman tersebut sukses memberikan Mavericks gelar juara NBA 2011, sekaligus menjadi MVP. Dia juga sudah 14 kali disertakan sebagai anggota tim NBA All-Star. Selama 21 musim, Nowitski menjadi pemain dengan skor terbanyak keenam sepanjang sejarah NBA, setelah membuat 31.000 poin.

Meski sudah berusia 40 tahun, Nowitzki mampu menjadi pencetak skor terbanyak Mavericks ketika melawan Suns, dengan menorehkan 30 poin, delapan rebound dan tiga assist. Seusai pertandingan, pihak Mavericks pun mengadakan upacara perpisahan, sebelum Nowitzki mengumumkan keputusaanya pensiun.

“Seperti kabar yang sudah beredar, pertandingan ini bakal menjadi yang terakhir di Dallas. Karier saya mengalami naik dan turun dan terima kasih kepada para pendukung yang selalu menemani sepanjang perjalanan,” kata Nowitzki dikutip ESPN.

Setelah pensiun, Nowitzki memutuskan tetap tinggal di Dallas. Dia merasa kota di Negara Bagian Texas itu sudah menjadi tempat tinggalnya, ketimbang Jerman yang sudah cukup lama ditinggalkan.

“Saya meninggalkan Jerman lebih dari 20 tahun lalu. Tetapi, Texas sekarang sudah menjadi rumah bagi saya dan tak ada rencana untuk meninggalkannya,” ujar pemain dengan tinggi 2,1 meter itu.

Sayang, Mavericks dipastikan gagal melaju ke playoff musim ini, setelah hanya berada di peringkat ke-12 Wilayah Barat. Nowitzki bakal bermain untuk terakhir kalinya ketika Mavericks menjalani Derbi Texas di kandang San Antonio Spurs, Kamis (11/4/2019) siang WIB.


Editor : Haryo Jati Waseso