Akibat Virus Korona, UEFA Berencana Ubah Format Liga Champions

Bagusthira Evan Pratama ยท Sabtu, 14 Maret 2020 - 15:40 WIB
Akibat Virus Korona, UEFA Berencana Ubah Format Liga Champions

UEFA berencana ubah format di fase gugur Liga Champions (Foto: UEFA)

NYON, iNews.id - Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) berencana mengubah format Liga Champions. Hal ini bakal dibicarakan dalam rapat darurat, Selasa (17/3/2020).

Dilansir Football Italia, sisa pertandingan di sistem gugur Liga Champions musim ini akan menerapkan format satu pertemuan. UEFA ingin kompetisi cepat selesai karena jadwal yang sudah disusun jadi berantakan akibat wabah virus korona.

Saat ini UEFA sudah menunda empat pertandingan di leg kedua babak 16 besar. Keempatnya adalah Barcelona vs Napoli, Bayern Muenchen vs Chelsea, Juventus vs Lyon, serta Manchester City vs Real Madrid.

Ke depannya ada kemungkinan kompetisi akan diteruskan dengan format satu pertemuan sampai babak semifinal. UEFA berharap final Liga Champions bisa tetap tersaji pada 30 Mei 2020 mendatang.

Jika skenario ini diterapkan, tentu ada kerugian dan keuntungan yang didapatkan sejumlah tim. Misalnya Barcelona yang bisa lolos ke perempat final setelah bermain imbang 1-1 di markas Napoli.

Kabarnya rencana tersebut tak hanya berlaku di Liga Champions saja. Babak 16 besar Liga Europa juga bakal menerapkan sistem satu leg. Namun yang jadi masalah, ada dua pertandingan yang belum digelar karena virus korona. Keduanya adalah Sevilla vs AS Roma dan Inter Milan vs Getafe.

Editor : Bagusthira Evan Pratama