Ditunjuk Jadi Menpora, Ini Profil Singkat Zainudin Amali

Abdul Haris ยท Rabu, 23 Oktober 2019 - 10:23 WIB
Ditunjuk Jadi Menpora, Ini Profil Singkat Zainudin Amali

Zainudin Amali (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari)

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Sehari sebelumnya, pria kelahiran Gorontalo pada 16 Maret 1962 tersebut membicarakan perihal olahraga dan kepemudaan di Indonesia saat dipanggil Presiden. Menurutnya, Indonesia sebagai negara yang besar belum dapat memanfaatkan potensi untuk mengembangkan SDM, utamanya kreativitas anak muda.

“Saya bertekad membuat anak-anak muda berprestasi di bidang olahraga baik di tingkat internasional. Pembinaan atlet di dalam negeri harus lebih diperhatikan,” ucapnya kepada para wartawan, Selasa (22/10/2019).

Zainudin merupakan jebolan STIE Swadaya Jakarta pada 1992, dan meraih gelar sarjananya itu ketika usianya sudah menginjak 30 tahun.

Dia memulai karier politiknya bersama Partai Golkar. Di partai berlogo pohon beringin itu dia sempat mencicipi berbagai jabatan seperti Wakil Sekretaris BIK Partai Golkar pada 2002-2004, lalu terpilih menjadi anggota DPR selama tiga kali berturut-turut dengan daerah pemilihan (dapil) yang berbeda. Dia juga pernah menjadi Ketua DPD Golkar Jawa Timur pada 2013 lalu.

Selain itu, Zainudin juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar pada 2014-2015, sebelum akhirnya dia menduduki posisi sebagai Ketua DPP Golkar.

Editor : Abdul Haris