MotoGP

Fabio Quartararo Raih Pole Position Perdana di MotoGP

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 04 Mei 2019 - 20:47 WIB
Fabio Quartararo Raih Pole Position Perdana di MotoGP

Pembalap etronas Yamaha Fabio Quartararo. (Foto: JORGE GUERRERO/AFP)

JEREZ, iNews.id - Pembalap tim MotoGP Petronas Yamaha Fabio Quartararo secara mengejutkan meraih pole position pada kualifikasi Grand Prix (GP) Spanyol di Sirkuit Jerez, Sabtu (4/5/2019). Ini juga menjadi pole position pertamanya di MotoGP.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez sempat langsung melesat pada awal babak kualifikasi. Dia mencatatkan waktu hingga 1 menit 36,970 detik. Sementara itu, rekan satu timnya Jorge Lorenzo justru mengalami kecelakaan.

Secara mengejutkan, Quartararo membuat waktu yang lebih cepat dari Marquez. Dia membukukan waktu 1 menit 36,880 detik, yang diikuti rekan satu timnya Franco Morbidelli di posisi kedua, terpaut 0,082 detik.

Marquez sempat berusaha untuk merebut kembali posisi terdepan. Namun, dia tak bisa memperbaiki catatan waktunya, sehingga sang juara bertahan harus puas memulai balapan dari posisi ketiga.

Quartararo sendiri tak menyangka bisa meraih pole position keduanya di Sirkuit Jerez, setelah yang pertama kali melakukannya pada 2015, saat masih berlaga di kelas Moto3.

“Saya benar-benar menekan hingga batas. Saya mengira Marc bakal melaju lebih cepat. Saya suka dengan lintasan ini dan menjadi pole position kedua saya di Jerez,” kata Quartararo kepada Crash.

Bukan hanya bagi Quartararo, pole position itu juga merupakan yang pertama bagi tim Petronas Yamaha. Sedangkan rider pabrikan Monster Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi hanya mampu meraih posisi kelima dan ke-13.

Hasil Kualifikasi GP Spanyol


Editor : Haryo Jati Waseso