Formula 1

Gagal Menang di GP Inggris, Bottas: Safety Car Muncul di Waktu yang Salah

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 16 Juli 2019 - 00:20:00 WIB
Gagal Menang di GP Inggris, Bottas: Safety Car Muncul di Waktu yang Salah
Pembalap Mercedes-AMG Valtteri Bottas menjadi runner-up GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (14/7/2019) malam. (Foto: Andrej ISAKOVIC/AFP)

SILVERSTONE, iNews.id - Pembalap tim Formula One (F1) Mercedes-AMG Valtteri Bottas merasa Safety Car telah merenggut kemenangannya pada Grand Prix (GP) Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (14/7/2019). Bottas akhirnya hanya menjadi runner-up, di belakang rekan satu timnya, Lewis Hamilton.

Bottas yang memulai balapan dari pole position sebenatrnya mampu mengendalikan balapan dengan baik. Dia kemudian melakukan pit stop dan mengganti ban pada putaran ke-16.

Petaka bagi Bottas datang ketika Safety Car mengintervensi jalannya balapan pada putaran ke-18, akibat kecelakaan yang dialami pembalap Alfa Romeo Sauber Antonio Giovanazzi.

Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh Hamilton untuk pit stop, sembari pembalap lainnya berjalan lambat di belakang Safety Car. Bottas pun merasa dirugikan akibat hal itu.

“Mungkin saya sedang tidak beruntung pada balapan kali ini, tetapi itulah kehidupan. Saya yakin kemenangan 100 persen bisa diraih. Tetapi, Safety Car muncul di waktu yang tak tepat,” kata Bottas di laman resmi F1.

“Rasanya saya bisa mengandalikan balapan usai pit stop pertama. Seharusnya saya bisa memimpin balapan, sampai akhirnya muncul Safety Car dan memberikan pit stop kepada Lewis,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pembalap asal Finlandia tersebut juga terlanjur memilih ban berkompon medium, sehingga harus pit stop satu kali lagi. Sementara Hamilton yang menggunakan ban berkompon keras bisa terus melaju hingga memenangkan balapan.

“Saya juga menggunakan ban medium, sehingga harus menggantinya lagi di akhir balapan. Kali ini saya sedang tidak beruntung, tetapi setidaknya kecepatan sudah bagus,” tutur Bottas.

Editor : Haryo Jati Waseso