Hentikan Audisi Umum Bulu Tangkis karena Berpolemik dengan KPAI, Ini Kata Djarum

Bagusthira Evan Pratama ยท Minggu, 08 September 2019 - 11:41 WIB
Hentikan Audisi Umum Bulu Tangkis karena Berpolemik dengan KPAI, Ini Kata Djarum

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin (tengah) mengatakan pihaknya akan menghentikan audisi umum bewasiswa bulu tangkis pada tahun depan (Foto: Dok. PB Djarum)

PURWOKERTO, iNews.id - PB Djarum menghentikan audisi umum untuk calon atlet bulu tangkis mulai tahun depan. Keputusan ini sebagai respons atas polemik dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Sebelumnya, KPAI mengklaim adanya unsur eksploitasi dalam audisi umum ini. KPAI khawatir anak-anak yang mengikuti kegiatan akan tersangkut paut dalam promosi salah satu merek rokok ternama di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Yoppy Rosimin selaku Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation menyatakan keberatan. Menurut dia, kegiatan ini tak ada kaitannya sama sekali dengan promosi rokok. PB Djarum hanya menyiapkan wadah untuk mencari bibit-bibit atlet bulu tangkis dari berbagai penjuru Tanah Air.

"Kita sudah menjelaskan dan banyak bukti kalau PB Djarum itu bukan produk tembakau. Tahun lalu pun kita dapat penghargaan sebagai Institusi Olahraga of the Year dari Menpora. Itu bukti nyata kita bukan produk rokok," ujar Yoppy dalam rilis PB Djarum.

Namun karena polemik ini, PB Djarum terpaksa menghentikan sementara kegiatan audisi umum. Keputusan tersebut mulai berlaku pada tahun depan.

"Banyak yang mendukung kita seperti dari para legend dan PP PBSI. Tetapi sementara akan dihentikan dulu tahun depan. Kami akan diskusi di dalam mengenai format ke depannya seperti apa," ucap Yoppy.

Meski demikian, keputusan itu tidak mempengaruhi kemeriahan audisi umum di tahun ini. Sebanyak 903 alet siap bersaing di GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah, dari Minggu (8/9/2019) hingga Selasa (10/9/2019).

Editor : Bagusthira Evan Pratama