Ini Kisah Samantha, Gadis 10 Tahun yang Jadi Juara Dunia Catur

Abdul Haris ยท Rabu, 28 November 2018 - 12:31:00 WIB
Ini Kisah Samantha, Gadis 10 Tahun yang Jadi Juara Dunia Catur
Gadis 10 tahun bernama Samantha Editsho (kiri) berhasil keluar jadi juara dunia catur pada World Cadets Chess Championship Girls U-10 2018 di Santiago de Compostela, Spanyol, pekan lalu. (Foto: Istimewa)

SANTIAGO DE COMPOSTELA, iNews.id – Kabar membanggakan datang dari Santiago de Compostela, Spanyol. Di Ibu Kota daerah otonomi Galicia yang terletak di barat laut Spanyol itu, seorang bocah berusia 10 tahun asal Indonesia bernama Samantha Editsho berhasil keluar jadi juara dunia catur pada World  Cadets Chess Championship Girls U-10 2018 .

Prestasi prestisius itu diraihnya setelah dia mengalahkan unggulan utama, Alexandra Shvedova, Jumat (16/11/2018). Padahal, lawan dari Rusia itu belum terkalahkan dalam 10 babak pertandingan.

Tentu, tak ada yang menyangka gadis kecil kelahiran 2008 itu bisa memenangkan ajang tersebut. Apalagi, jalan terjal harus dilaluinya dengan mengalahkan pecatur Amerika Serikat Sophie Velea pada babak sebelumnya dalam duel panjang yang menghabiskan waktu hingga lima jam, dengan 86 langkah.

Saat papan catur dibentangkan, bidak dan pion dimainkan pada final di meja satu, banyak yang berpikir Alexandra akan dengan mudah menjinakkan Samantha. Bahkan, kebanyakan menyebut satu tangan Alexandra sudah memegang trofi.

Namun, saat pertandingan berjalan kondisi berbeda yang terjadi. Samantha memberi perlawanan sengit. Hingga akhirnya, bocah asal Bandung itu berhasil memenangkan pertarungan.

Sontak, Samantha bersorak kegirangan. Dia lari ke panggung sambil mengibarkan bendera Merah Putih. Tak lama kemudian, berkumandanglah lantunan lagu Indonesia Raya di auditorium megah itu.

Editor : Abdul Haris

Bagikan Artikel: