KPAI dan PB Djarum Capai Kesepakatan, PBSI Gembira

Antara ยท Kamis, 12 September 2019 - 21:45 WIB
KPAI dan PB Djarum Capai Kesepakatan, PBSI Gembira

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), PB Djarum, dan PB PBSI, disaksikan Menpora Imam Nahrawi (tengah) menggelar pertemuan di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (12/9/2019). (Foto: Kemenpora)

JAKARTA, iNews.id - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengaku gembira dengan kesepakatan yang terjadi antara Komite Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan PB Djarum. Hal itu terkait masalah audisi umum bulu tangkis yang diselenggarakan PB Djarum.

Sebelumnya terjadi polemik antara KPAI dengan PB Djarum, mengenai permasalahan tersebut. KPAI menganggap audisi umum bulu tangkis yang diselenggarakan PB Djarum merupakan bentuk eksploitasi anak.

PB Djarum kemudian membantah hal itu. Puncaknya, PB Djarum menegaskan bahwa efektif pada tahun depan, audisi ini akan sementara dihentikan. Hal itu rupanya menimbulkan reaksi dari masyarakat.

Tekanan diberikan kepada KPAI, yang dianggap merintangi pembinaan pemain bulu tangkis. Akhirnya, kesepakatan antara KPAI dan PB Djarum tercapai, Kamis (12/9/2019). Hal itu membuat audisi umum akan tetap dijalankan pada tahun-tahun mendatang.

“Hari ini, yang paling berbahagia dengan hasil keputusan tersebut adalah PBSI. Karena itu artinya, proses pencarian bibit-bibit pebulu tangkis muda di Tanah Air masih terus berlanjut, tidak berhenti,” ujar Sekjen PBSI Achmad Budiarto.

Menurutnya, PBSI tidak dapat berjalan sendirian dalam membina sekaligus mencari bibit-bibit muda pemain bulu tangkis di Tanah Air. Oleh karena itu, dibutuhkan partisipasi dari pihak swasta untuk memastikan bahwa proses regenerasi atlet itu dapat terus berlanjut.

“Dalam melakukan pencarian sekaligus pembinaan bibit-bibit muda, PBSI tidak bisa sendiri. Di sini, peran swasta sangat dibutuhkan, mengingat kemampuan pemerintah terbatas. Kolaborasi ini tentu bisa menghasilkan prestasi terbaik bagi bulu tangkis Indonesia di tingkat dunia,” tutur Achmad.


Editor : Haryo Jati Waseso