Formula 1

Lewis Hamilton Absen di GP Sakhir 2020, Ini 5 Calon Penggantinya

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 01 Desember 2020 - 17:00:00 WIB
Lewis Hamilton Absen di GP Sakhir 2020, Ini 5 Calon Penggantinya
Pembalap Mercedes-AMG Lewis Hamilton absen di GP Sakhir 2020, Minggu (6/12/2020). Virus corona menjadi penyebab utamanya. (Foto: Essentially Sports)

MANAMA, iNews.id - Pembalap Mercedes-AMG Lewis Hamilton absen di GP Sakhir 2020, Minggu (6/12/2020). Virus corona menjadi penyebab utamanya.

Kini Mercedes sibuk mencari pengganti Hamilton pada balapan yang bakal berlangsung di Bahrain International Circuit itu. 

Ada beberapa kandidat yang disebut-sebut bakal menjadi penggantinya. Ini lima di antaranya dikutip dari The Race, Selasa (1/12/2020):

5. Esteban Gutierrez

Esteban Gutierrez (Foto: Racefans)
Esteban Gutierrez (Foto: Racefans)


Gutierez saat ini berstatus pembalap simulator Mercedes. Dia bertugas membantu Silver Arrow menemukan setelan untuk Hamilton dan rekan setimnya Valtteri Bottas.

Hanya saja, ada beberapa kendala jika Gutierez ingin menggantikan Hamilton. Superlicense miliknya sudah kedaluwarsa. Sebab dirinya terakhir balapan F1 pada 2016 silam.

4. George Russel

George Russel (Foto: Formula 1)
George Russel (Foto: Formula 1)


Russel driver tim Williams Racing. Tetapi, dia merupakan pembalap binaan Mercedes dan beberapa kali dipercaya menguji coba mobil buatan pabrikan Jerman itu.

Namun, tampaknya akan sulit baginya untuk menggantikan Hamilton. Pasalnya, hal tersebut akan membuat Williams harus bergegas mencari penggantinya.

3. Nico Hulkenberg

Nico Hulkeberg (Foto: The Sportrush)
Nico Hulkeberg (Foto: The Sportrush)


Hulkenberg sempat tampil di tiga balapan pada 2020 ini bersama Racing Point. Dia menggantikan pembalap reguler pabrikan tersebut.

Hal itu pun membuatnya berpeluang dilirik Mercedes untuk menggantikan Hamilton. 

2. Nyck de Vries

Nyk de Vries (Foto: Crash)
Nyk de Vries (Foto: Crash)


De Vries juara F2 2019. Sayangnya dia tak mendapatkan kursi untuk bersaing di F1 2020. Kini dirinya melanjutkan karier sebagai pembalap tim Mercedes-EQ di ajang Formula E (FE).

Pembalap Belanda ini tak asing dengan F1, lantaran pernah menimba ilmu di McLaren Racing. Namun dia belum pernah balapan di kelas teratas sepanjang kariernya.

1.Stoffel Vandoorne

Stoffel Vandoorne (Foto: Essentialy Sports)
Stoffel Vandoorne (Foto: Essentialy Sports)

Vandoorne menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Hamilton. Sama seperti De Vries, dia adalah pembalap tim FE Mercedes-EQ. Namun Orang Belgia itu juga bertatus pembalap cadangan Mercedes.

Vandoorne terakhir kali balapan di F1 yakni bersama McLaren pada 2018 silam. Saat ini, dia masih menjalani uji coba FE di Spanyol. Tetapi, tim Mercedes-EQ memastikan jika sang pembalap bisa langsung terbang ke Bahrain begitu uji coba selesai.

Editor : Reynaldi Hermawan