Mampu Salip Marquez untuk Juarai GP Austria, Dovizioso Terkejut

Haryo Jati Waseso ยท Minggu, 11 Agustus 2019 - 22:56 WIB
Mampu Salip Marquez untuk Juarai GP Austria, Dovizioso Terkejut

Pembalap Mission Winnow Ducati Andrea Dovizioso menjuarai GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019) malam WIB. (Foto: VLADIMIR SIMICEK/AFP)

SPIELBERG, iNews.id - Pembalap Mission Winnow Ducati Andrea Dovizioso kaget dirinya bisa menjuarai GP Austria, usai melewati rivalnya, Pembalap Repsol Honda Marc Marquez di tikungan terakhir Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019). Dia mengaku sebenarnya tak siap untuk menyalip Marquez.

Balapan memang berlangsung ketat untuk kedua rider. Salip menyalip beberapa kali terjadi. Puncaknya, Dovizioso mampu menemukan celah pada tikungan terakhir untuk merebut posisi Marquez, yang berada di depannya.

Pembalap Italia itu akhirnya mampu mempertahankan keunggulan dan jadi pemenang. Padahal menurutnya, tikungan di Sirkuit Red Bull Ring tidak sesuai dengan gayanya membalap dan juga dari kemampuan motornya.

Dovizioso menilai yang menjadi keberhasilannya menang adalah karena Marquez terlambat melakukan pengereman. Hal itu disebabkan karena ban belakang medium yang digunakannya, sedangkan Dovizioso menggunakan ban yang lebih lunak.

“Ketika Marc melewati saya, dia berusaha menekan dan membuat jarak. Sayang, ban belakangnya menjadi aus, dan pada akhirnya saya memiliki kesempatan berjuang di tikungan terakhir. Hal itu disebabkan karena dia tak memiliki ketebalan (ban) seperti saya,” ujarnya.

“Ketika mengerem dia lebih baik, namun dengan pegangan seperti itu saya bisa mengikutinya dan membuat pergerakan yang gila di tikungan terakhir. Saya sama sekali tak bersiap melakukannya, dan sempat berpikir tak masalah jika harus berada di posisi kedua,” katanya.

“Tetapi kemudian saya menghentikan motor di saat yang tepat. Saya bahagia untuk Ducati, karena kami membutuhkannya. Kami perlu meraih kemenangan dengan cara ini,” ujar pembalap berusia 33 tahun tersebut.

Bagi Dovizioso, kemenangan ini menjadi yang kedua diraihnya pada musim 2019. Sebelumnya, mantan juara dunia kelas 125cc tersebut meraih podium teratas pada ajang perdana musim ini, GP Qatar.


Editor : Haryo Jati Waseso