Menpora Ajak Masyarakat Meriahkan Haornas 2020 Besok

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 08 September 2020 - 22:22 WIB
Menpora Ajak Masyarakat Meriahkan Haornas 2020 Besok

Menpora Zainudin Amali. (Foto: ANTARA/Humas Kemenpora)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengajak masyarakat memeriahkan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020. Agenda tersebut rencananya digelar di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (9/9/2020).

Haornas tahun ini akan mengusung tema Sport Science, Sport Tourism dan Sport Industry. Zainudin mengatakan ketiganya memiliki peran yang besar untuk memajukan prestasi sekaligus perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Sport science misalnya, saya melihat salah satu penyebab prestasi olahraga kita belum optimal karena masih minimnya dukungan sport science pada proses pembinaan atlet-atlet muda dan elite. Ke depan kami dorong cabor-cabor untuk mengoptimalkan sport science dalam pembinaan cabang olahraga,” kata Zainudin, Selasa (8/9/2020).

 “Covid-19 memberi dampak bagi sport tourism dan sport industry di Indonesia. Banyak kegiatan olahraga yang ditunda dan dibatalkan. Akibatnya pegiat industri olahraga tutup karena lesunya perekonomian. Melalui momentum Haornas ini, kami berharap sport tourism dan sport industry dapat bergelut kembali agar turut serta menstimulasi pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Untuk mewujudkan misi itu, Menpora juga sudah menggandeng Kementerian Perindustrian dan Kementerian Ekonomi Kreatif. Ketiganya meneken perjanjian kerja sama (MoU) sejak Jumat, (4/9/2020).

“MoU ini merupakan kerja sama antara tiga kementerian ini dalam rangka mendorong supaya pariwisata yang terkait kegiatan keolahragaan semakin terintegrasi dan semakin baik. Tentu kita harus bisa berkolaborasi bersama. Tak bisa kita dorong sendiri-sendiri,” tuturnya.

“Saya ingin Haornas tahun ini benar-benar teraplikasi di masyarakat, tidak hanya menjadi agenda tahunan, melainkan harus menjadi titik perubahan dunia olahraga itu sendiri. Masyarakat tak cuma disadarkan pentingnya berolahraga namun paham apa dampak olahraga bagi kesehatan, martabat bangsanya, serta perekonomian negara, terutama di masa Pandemi Covid-19.”

Editor : Abdul Haris