Olimpiade 2020 Ditunda, Ini Pesan Menpora untuk Atlet Indonesia

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 23:15 WIB
Olimpiade 2020 Ditunda, Ini Pesan Menpora untuk Atlet Indonesia

Menpora Zainudin Amali

JAKARTA, iNews.id – Olimpiade Tokyo 2020 ditunda akibat pandemi Covid-19. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, meminta para atlet tetap semangat berlatih.

Olimpiade dan Paralimpiade 2020 awalnya dijadwalkan berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus. Namun event olahraga terbesar itu terpaksa ditunda setelah Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) menggelar rapat dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, Selasa (24/3/2020). Penundaan tersebut diambil setelah melihat situasi penyebaran Covid-19 tak bisa diprediksi kapan berakhir.

“Kemenpora menghormati pernyataan bersama IOC dan panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020. Kami mengapresiasi sikap kenegarawanan IOC dan Pemerintah Jepang yang mengutamakan keselamatan seluruh atlet dan semua pihak terlibat sehingga event ini diundur paling lambat musim panas tahun depan,” kata Zainudin.

Zainudin juga mengimbau para atlet Indonesia yang bakal tampil di Olimpiade 2020 untuk berlapang dada menerima keputusan ini dan tetap semangat berlatih. Selain itu, Menpora juga berpesan agar atlet dan staf pelatih senantiasa menjaga kesehatan selama masa penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Kemenpora berharap para atlet khususnya yang sudah dan belum lolos pra-olimpiade dan pra-paralimpik tetap semangat dalam berlatih. Latihan juga harus digelar dengan pola yang sederhana, tidak di keramaian karena masih merebaknya virus corona,” ujarnya.

“Kami minta kepada pihak-pihak yang melakukan pelatnas untuk mengutamakan social and physical distance, jaga kesehatan sesuai protokol olahraga. Jika terpaksa, lakukan long distance supervision, kemudian melakukan kegiatan dan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.”


Editor : Arif Budiwinarto