Panglima TNI Lepas Keberangkatan Karateka Indonesia ke Kejuaraan Dunia 2019

Bagusthira Evan Pratama ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 18:17 WIB
Panglima TNI Lepas Keberangkatan Karateka Indonesia ke Kejuaraan Dunia 2019

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melepas keberangkatan 30 atlet Indonesia ke ajang World Cadet, Junior & U-21 Championship 2019. (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA, iNews.id - Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) mengirim 30 atlet untuk bersaing di ajang World Cadet, Junior & U-21 Championship 2019. Kejuaraan ini bakal berlangsung di Santiago, Chile, dari 23-27 Oktober mendatang.

Upacara pelepasan diadakan di Subden Mabes TNI, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019). Bersamaan dengan itu, diadakan pula pelepasan atlet-atlet TNI yang akan mengikuti Olimpiade Militer Tingkat Dunia ke-7 di Wuhan, China, 17-29 Oktober 2019.

“Saya yakin karateka-karateka Indonesia dan atlet-atlet TNI siap untuk bertanding serta unjuk prestasi di dua kejuaraan dunia tersebut,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Kita harus percaya diri dan bertanding dengan penuh keyakinan. Tidak ada lawan yang tidak dapat kita kalahkan. Saudara-saudara telah diseleksi dan mengikuti pemusatan latihan. Pengalaman bertanding dan pemusatan latihan tentunya menjadi bekal yang sangat penting dalam menghadapi kejuaraan yang sangat kompetitif ini,” ucap pria yang juga menjabat sebagai ketua umum PB FORKI tersebut.

Sebanyak 30 karateka yang terpilih dibagi ke dalam tiga kelas. Kelas cadet diikuti 10 orang, junior 12 orang, dan U-21 delapan orang.

Sementara di ajang Olimpiade Militer 2019, ada 77 kontingen dari Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) yang diterjunkan. Dari jumlah tersebut, 68 merupakan atlet. Sisanya adalah pelatih dan ofisial tim.

“Seluruh masyarakat Indonesia menaruh kepercayaan di pundak para karateka dan atlet TNI sekalian. Kami semua dan keluarga di rumah tentunya senantiasa berdoa agar para atlet karate Indonesia serta atlet TNI dapat mengibarkan Sang Merah Putih dan mengharumkan nama Indonesia. Jadikan itu sebagai cambuk dan pembakar motivasi dalam bertanding nanti,” ucap Panglima TNI.


Editor : Bagusthira Evan Pratama