Ricciardo Juara, Verstappen Tabrak Vettel
SHANGHAI, iNews.id – Daniel Ricciardo secara mengejutkan menjadi pemenang Gran Prix (GP) Formula One (F1) China, Minggu (15/4/2018). Sedangkan Sebastian Vettel harus finis di posisi kedelapan setelah ditabrak Max Verstappen.
Vettel memanfaatkan posisi pole position untuk meninggalkan lawannya sedari awal. Sementara itu, rekan satu timnya, Kimi Raikkonen, sesungguhnya sudah menjalani start hebat, namun harus rela disalip oleh Valetteri Bottas dan Verstappen di tikungan pertama.
Ingin mencoba bermain strategi, duo Red Bull Racing Ricciardo dan Verstappen mengganti ban UltraSoft ke Medium nyaris bersamaan di putaran ke-18.
Di putaran yang sama, Mercedes-AMG juga memasukkan Lewis Hamilton, serta rekan satu timnya Valtteri Bottas satu putaran kemudian, dengan harapan dapat mengalahkan strategi Kimi Raikkonen dan Ferrari.
Akibat respons Ferrari yang lamban, Vettel baru mengganti bannya di putaran ke-21. Akibatnya, Bottas berada di depan Vettel ketika dia keluar dari pit dan kembali ke lintasan.
Tetapi, pembalap asal Jerman itu tidak membutuhkan waktu lama untuk kembali berada di belakang Bottas. Raikkonen baru menyerahkan posisi pertamanya kepada Bottas di putaran ke-28 dan melorot ke ranking keenam saat keluar.
Safety Car mengintervensi balap ketika duet Toro Rosso Pierre Gasly dan Brendon Hartley saling bertabrakan di putaran ke-31. Kejadian itu dimanfaatkan oleh Red Bull untuk mengganti ban kedua pembalapnya dan Verstappen mempertahankan posisi di depan Raikkonen.
Begitu Safety Car kembali masuk ke pit, Vettel kembali menekan Bottas. Sayangnya, usaha pembalap 30 tahun itu masih belum dapat mendahului Mercedes andalan Bottas.
Sementara itu, Verstappen yang berada di posisi keempat, berusaha mendahului Hamilton untuk tempat ketiga. Keduanya malah bersentuhan, sehingga mereka kehilangan posisi dari Ricciardo.
Upaya Ricciardo untuk menjadi yang tercepat kembali membuahkan hasil dan mendahului Vettel dengan mudah dan merebut posisi runner-up di putaran ke-40.
Melihat Ricciardo menyalip Ferrari dengan mudah, Verstappen pun mencoba peruntungannya menyalip Vettel. Nahas, keduanya justru bersingungan dan melintir.
Mobil milik Vettel yang babak belur membuatnya lebih mudah didahului oleh pembalap lain, sehingga McLaren milik Fernando Alonso dengan mudah menyalip. Sedangkan Verstappen mendapat penalti 10 detik akibat insiden dengan Vettel.
Sementara itu, giliran Bottas menjadi keganasan The Honey Badger dalam memperebutkan posisi pertama, dan harus rela berada di belakang Ricciardo sampai balapan berakhir. Ricciardo berhasil menang di depan Bottas dan Raikkonen.
HASIL BALAPAN GP CHINA
|
1 |
Daniel Ricciardo |
Australia |
Red Bull Racing-TAG Heuer |
1jam 35menit 36,380detik |
|
2 |
Valtteri Bottas |
Finlandia |
Mercedes-AMG |
+8,894 detik |
|
3 |
Kimi Raikkonen |
Finlandia |
Scuderia Ferrari |
+9,637 detik |
|
4 |
Lewis Hamilton |
Inggris |
Mercedes-AMG |
+16,985 detik |
|
5 |
Max Verstappen |
Belanda |
Red Bull Racing-TAG Heuer |
+20,436 detik |
|
6 |
Nico Hulkenberg |
Jerman |
Renault Sport F1 |
+21,052 detik |
|
7 |
Fernando Alonso |
Spanyol |
McLaren-Renault |
+30,639 detik |
|
8 |
Sebastian Vettel |
Jerman |
Scuderia Ferrari |
+35,286 detik |
|
9 |
Carlos Sainz Jr. |
Spanyol |
Renault Sport F1 |
+35,763 detik |
|
10 |
Kevin Magnussn |
Denmark |
Haas-Ferrari |
+39,594 detik |
|
11 |
Esteban Ocon |
Prancis |
Force India-Mercedes |
+44,050 detik |
|
12 |
Sergio Perez |
Meksiko |
Force India-Mercedes |
+44,725 detik |
|
13 |
Stoffel Vandoorne |
Belgia |
McLaren-Renault |
+49,373 detik |
|
14 |
Lance Stroll |
Kanada |
Williams-Mercedes |
+55,490 detik |
|
15 |
Sergey Sirotkin |
Rusia |
Williams-Mercedes |
+58,241 detik |
|
16 |
Marcus Ericsson |
Swedia |
Alfa Romeo Sauber-Ferrari |
+1m 2,604 detik |
|
17 |
Romain Grosjean |
Prancis |
Haas-Ferrari |
+1m 5,296 detik |
|
18 |
Pierre Gasly |
Prancis |
Scuderia Toro Rosso-Honda |
+1m 6,330 detik |
|
19 |
Charles Leclerc |
Monako |
Alfa Romeo Sauber-Ferrari |
+1m 22,575 detik |
|
DNF |
Brendon Hartley |
Selandia Baru |
Scuderia Toro Rosso-Honda |
+1 lap |
Editor: Abdul Haris