Ricky Soebagja Ternyata Putra Kiper Legendaris Persib Bandung

Abdul Haris ยท Senin, 01 Juni 2020 - 20:00 WIB
Ricky Soebagja Ternyata Putra Kiper Legendaris Persib Bandung

Ricky Soebagja. (Foto: PBSI)

BANDUNG, iNews.id – Nama Ricky Soebagja tentu sudah tak asing lagi di telinga pecinta bulutangkis Indonesia. Ya, dia adalah pebulutangkis legendaris Tanah Air. Duetnya bersama Rexy Mainaky sempat membuat mereka jadi pasangan ganda putra nomor satu dunia.

Namun, tahukah Anda kalau pria yang kini berusia 49 tahun itu merupakan putra kiper legendaris Persib era 1950-an, Djudju Soekadar. Ricky merupakan putra bontot Djudju dari enam bersaudara.  

Djuju tercatat dalam sejarah klub berjuluk Maung Bandung itu. Dia seangkatan dengan Rukman D. S dan Aang Witarsa. Di masa jayanya, dia merupakan kiper andalan Persib. Bahkan menurut Rukman, dia adalah sosok kiper yang intelek dan bergaya flamboyan di era itu.

Ayah Ricky Soebagja, Djudju Soekadar, pernah berjaya bersama Persib Bandung.
Ayah Ricky Soebagja, Djudju Soekadar, pernah berjaya bersama Persib Bandung.

Djudju tercatat membela Maung Bandung selama lebih dari satu dekade, yakni mulai awal 1950 hingga pertengahan 1960.

Ternyata, darah olahraga Djudju menurun ke Ricky. Meski berbeda lapangan, sang anak justru punya prestasi yang lebih mentereng, dan bahkan mendunia.

Bersama Rexy, Ricky dua kali menyabet gelar juara dunia pada 1993, dan 1995. Mereka juga dua kali meraih podium utama All England pada 1994, dan 1995, dan membantu Indonesia meraih empat kali juara Piala Thomas.

Prestasi paling fenomenal yang pernah mereka raih adalah medali emas Olimpiade Atlanta 1996. Kala itu, Ricky/Rexy sukses mengalahkan pasangan asal Malaysia, Yap Kim Hock dan Cheah Soon Kit di partai puncak.

Editor : Abdul Haris