Yamaha Kalah Bersaing, Valentino Rossi Salahkan Jorge Lorenzo

Djanti Virantika · Selasa, 17 November 2020 - 19:45:00 WIB
Yamaha Kalah Bersaing, Valentino Rossi Salahkan Jorge Lorenzo
Pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi (kiri) berbincang dengan Jorge Lorenzo beberapa waktu lalu. (Foto: Crash)

VALENCIA, iNews.id – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menyalahkan Jorge Lorenzo atas kegagalan timnya bersaing pada MotoGP 2020.

Pembalap asal Italia itu terus mengeluhkan kinerja motor balap timnya musim ini. Menurutnya, motor Yamaha yang dipakainya kurang kompetitif. Dia pun lantas menuding kinerja Lorenzo sebagai pembalap penguji kurang maksimal.

Menurut pembalap yang dijuluki The Doctor itu, program pengembangan bersama Lorenzo tak bisa berjalan mulus. Semua rencana harus terhenti karena merebaknya virus corona secara global.

Alhasil, Lorenzo belum banyak menunggangi motor Yamaha dan memberi masukan untuk membuat kendaraan musim ini bekerja lebih impresif. Sejak direkrut menjadi test rider, Lorenzo sempat menguji motor balap Yamaha di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Tetapi, setelah itu, Lorenzo tak bisa menunggangi motor balap Yamaha karena gelaran MotoGP 2020 yang terkena dampak dari merebaknya virus corona.

Setelah tak beraksi di atas sirkuit selama delapan bulan, mantan pembalap Honda itu akhirnya bisa kembali ambil bagian dalam tes resmi MotoGP di Sirkuit Portimao, Portugal.

Sayangnya, kinerja Lorenzo tak baik dalam tes itu. Dia tak bisa bekerja dengan baik sehingga catatan waktunya paling buruk ketimbang test rider lain di MotoGP.

Kondisi tersebutlah yang dinilai Rossi akhirnya memberi pengaruh besar terhadap kinerja motor balap Yamaha di musim ini. The Doctor –julukan Rossi– menyebut bahwa semua rencana Yamaha benar-benar tidak berhasil.

“Lorenzo baru melakukannya (pengujian motor balap Yamaha) satu hari di Malaysia dan setelah itu berhenti karena merebaknya Covid-19,” ujar Rossi, sebagaimana dikutip dari GP One, Selasa (17/11/2020).

“Dia baru kembali mengendari motor balapnya di Portimao setelah delapan bulan tidak melakukannya. Praktisnya, tidak ada yang benar-benar berhasil,” lanjutnya.

Pihak Yamaha sendiri telah memastikan takkan lagi menggunakan jasa Lorenzo sebagai test rider mereka pada musim depan. Peran Lorenzo akan digantikan dengan Cal Crutchlow.

Editor : Abdul Haris