6 Pemain Bintang Premier League yang Meredup Setelah Pindah Klub

Bagusthira Evan Pratama ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 05:36 WIB
6 Pemain Bintang Premier League yang Meredup Setelah Pindah Klub

Kompetisi Premier League (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.d - Keputusan pindah klub tak selamanya berujung manis. Beberapa pemain justru mengalami nasib sial setelah meninggalkan klub lamanya dan memutuskan hijrah ke tempat yang baru.

Hal ini dialami oleh sedikitnya enam pemain bintang di ajang Premier League. Sinar mereka meredup karena berbagai berbagai alasan. Siapa saja mereka? Berikut keenamnya:

1. Emmanuele Adebayor


Pemain kebangsaan Togo ini sempat bersinar kala memperkuat Arsenal musim 2005-2009. Sebanyak 46 gol dicetaknya dari 104 penampilan di pentas Premier League.

Namun Adebayor memilih pindah ke Manchester City pada musim panas 2009 setelah diiming-imingi dengan gaji yang lebih besar. Sayang, kariernya justru tiarap sebab dia kesulitan bersaing dengan Carlos Tevez, Edin Dzeko, serta Mario Balotelli. Adebayor hanya menciptakan satu gol dari delapan penampilannya. Alhasil dia dipinjamkan ke Real Madrid pada pertengahan musim 2010/2011.

Di musim berikutnya, Adebayor dilepas ke Tottenham Hotspur dan bertahan selama lima tahun. Setelah itu, dia jadi pemain gratisan yang pindah-pindah klub mulai dari Crystal Palace, Istanbul Basaksehir, Kayseri, dan sekarang Olimpia.

2. Jack Rodwell


Ketika muda, Jack Rodwell sempat disebut-sebut sebagai gelandang masa depan Timnas Inggris. Berkat potensinya yang menjanjikan, dia dibeli Manchester City dari Everton seharga 15 juta euro.

Sayang, kariernya lebih banyak dihabiskan di ruang perawatan medis. Rodwell hanya bermain 16 kali selama dua musim memperkuat The Citizens.

Pada Agustus 2014, sang pemain akhirnya dilepas ke Sunderland. Tapi cedera parah terus menghantuinya sehingga permorma Rodwell tak lagi dilirik pecinta sepak bola.

3. Andy Carroll


Penampilan Andy Caroll bersama Newcastle United dari 2009-2011 cukup menyita perhatian. Torehan 38 gol selama 1,5 tahun membuatnya dibeli Liverpool seharga 41,5 juta euro.

Bersama Luis Suarez, Carroll sempat dijadikan harapan baru setelah The Reds menjual Fernando Torres ke Chelsea. Tapi sayang, kariernya justru meredup. Carroll hanya membukukan enam gol dari 44 penampilannya di Premier League.

Liverpool lalu melepas sang pemain ke West Ham United di musim panas 2013. Penampilannya masih inkosisten bahkan saat dia pulang ke Newcastle di musim panas 2019 lalu.

4. Wayne Rooney


Buat Manchester United, Wayne Rooney sudah dianggap sebagai legenda hidup. Striker kebangsaan Inggris itu mampu tampil ciamik selama 13 tahun membela The Red Devils.

Namun Rooney salah ambil keputusan di musim panas 2017 lalu. Dia mengakhiri kontraknya di MU dan pindah ke Everton. Hanya 10 gol yang dibuatnya dari 31 penampilan di Premier League.

Rooney akhirnya mencoba peruntungan ke Amerika Serkat. Dia dikontrak DC United selama 1,5 tahun, sebelum akhirnya pulang ke Inggris dan memperkuat Derby County, klub kasta kedua.

5. Alexis Sanchez


Eks pemain Barcelona ini sempat membuat kejutan di bursa transfer musim dingin 2017. Dia meninggalkan Arsenal dan bergabung ke MU setelah dibeli seharga 42,5 juta euro plus Henrikh Mkhitaryan.

Tapi sinar Alexis Sanchez meredup selama membela MU. Cedera kambuhan membuatnya tersisih dari starting XI. Sanchez kalah saing dengan Marcus Rashford serta Anthony Martial.

Sanchez kemudian menjajal peruntungan dengan pindah ke Inter Milan di musim 2019/2020. Sayang, aksinya kurang mencuri perhatian. Inter berniat memulangkannya selepas musim ini usai.

6. Christian Benteke


Pemain kebangsaan Belgia ini awalnya tampil gemilang bersama Aston Villa. Selama tiga musim, dia mampu mengoleksi 42 gol khusus di ajang Premier League. Berkat ketajamannya, Christian Benteke direkrut Liverpool dengan biaya 46,5 juta euro.

Namun Benteke kesulitan adaptasi dengan gaya permainan The Reds. Hanya semusim berselang, dia dijual ke Crystal Palace dengan harga 31 juta euro.

Bersama Palace, penampilan Benteke cenderung naik turun. Musim ini saja, dia baru menyarangkan satu gol dari 20 penampilannya.


Editor : Bagusthira Evan Pratama