8 Pemain Bintang yang Berkarier di Arsenal dan Chelsea, Nomor 3 Dianggap Pengkhianat

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 15:15 WIB
8 Pemain Bintang yang Berkarier di Arsenal dan Chelsea, Nomor 3 Dianggap Pengkhianat

Bentrokan Arsenal dengan Chelsea akan digelar di Wembley Stadium, Sabtu (1/8/2020) malam WIB. (Foto: Ist)

LONDON, iNews.id – Derby London bakal tersaji di final Piala FA. Bentrokan Arsenal dengan Chelsea akan digelar di Wembley Stadium, Sabtu (1/8/2020) malam WIB.

Meski punya rivalitas sengit, kedua tim cukup akrab dalam proses transfer pemain. Sejauh ini ada beberapa nama bintang yang pernah berkarier di kubu London Biru maupun London Merah.

Dari sekian nama, setidaknya ada delapan pemain bintang yang pernah membela panji Arsenal dan Chelsea. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

1. Cesc Fabregas


Arsenal sangat berjasa dalam karier Cesc Fabregas. Ketika muda, dia direkrut Meriam London hingga menjelma jadi salah satu gelandang terbaik dunia.

Fabregas kemudian pulang ke kampung halamannya untuk memperkuat Barcelona. Dia lalu pindah ke Chelsea di musim panas 2014 dan bertahan hingga 2019.

Bersama Arsenal, Fabregas hanya meraih satu Piala FA dan Community Shield. Sedangkan di Chelsea, dia merasakan dua gelar juara Premier League, satu Piala FA, dan satu Piala Liga.

2. Nicolas Anelka


Pada 1997, striker asal Prancis ini gabung ke Arsenal di usia 17 tahun. Meski masih muda, Nicolas Anelka mampu bermain baik karena berhasil mencetak 17 gol di musim kedua. Sedangkan di musim ketiga, dia turut membawa timnya juara Premier League.

Setelah itu Anelka gonta ganti klub mulai dari Real Madrid, PSG, Liverpool, Manchester City, Fenerbahce, Bolton Wanderers, dan berlabuh di Chelsea pada 2008. Selama empat musim memperkuat The Blues, dia mendapatkan trofi Premier League, Piala FA, Community Shield, Liga Champions, dan Sepatu Emas berkat raihan 37 gol di musim 2008/2009.

3. Ashley Cole


Pemain kebangsaan Inggris ini dicap sebagai pengkhianat oleh suporter Arsenal. Karena setelah dibesarkan The Gunners, Ashley Cole justru memilih pindah ke Chelsea karena diiming-imingi gaji yang lebih besar.

Transfer terjadi pada musim 2005/2006. Chelsea tak hanya memberikan uang. Dalam kesepakatan, mereka juga menyerahkan William Gallas.

Karier Cole di kedua klub sama bagusnya. Tak heran dia jadi salah satu bek kiri terbaik dalam sejarah sepak bola Kota London.

4. Petr Cech


Usai tampil gemilang di Euro 2004, Petr Cech bergabung dengan Chelsea. Dia terlibat dalam 494 pertandingan di semua kompetisi sehingga disebut sebagai salah satu legendaris The Blues.

Setelah kontraknya berakhir di 2015, Cech galau karena sulit menemukan klub baru. Tapi Arsenal bersedia menampungnya dan dia bermain di sana hingga pensiun pada 2019.

5. Emmanuel Petit


Pada 1997, Arsenal merekrut Emmanuel Petit dari AS Monaco. Di awal kedatangannya, dia langsung membentuk kemitraan yang padu dengan Patrick Vieira di lini tengah.

Petit kemudian pindah ke Barcelona di musim 2000/2001. Setahun berselang, dia balik ke Kota London untuk memperkuat Chelsea.

6. William Gallas


Pada 2006, William Gallas 'dipaksa' meninggalkan Chelsea. Dia menjadi bagian dari transfer Ashley Cole.

Meski statusnya pemain buangan, Gallas tetap menunjukkan kualitas terbaik di skuat Meriam London. Sayang, tak ada gelar yang diraihnya bersama Arsenal.

7. Olivier Giroud


Striker asal Prancis ini bergabung ke Chelsea di paruh musim 2018/2019. Olivier Giroud memang bukan pilihan utama. Tapi ketika dimainkan, dia sering menciptakan gol-gol yang tidak terduga.

Bersama Chelsea, Giroud merasakan gelar juara Piala FA dan Liga Europa. Namun prestasinya lebih baik di Arsenal karena mendapatkan tiga Piala FA dan tiga Community Shield.

8. David Luiz


Bek asal Brasil ini sempat jadi andalan Chelsea selama dua periode. David Luiz awalnya memperkuat The Blues dari 2011-2014. Setelah itu dia pindah ke PSG dan balik lagi ke Stamford Bridge Stadium di 2016-2019.

Chelsea kemudian melepasnya ke Arsenal di musim panas 2019. Meski sering blunder, Luiz masih jadi andalan di lini pertahanan The Gunners.

Editor : Bagusthira Evan Pratama