Piala Dunia 2018

BABAK I: Gol Messi Bawa Argentina Unggul atas Nigeria

Abdul Haris ยท Rabu, 27 Juni 2018 - 01:47 WIB
BABAK I: Gol Messi Bawa Argentina Unggul atas Nigeria

Lionel Mesi (Foto: FIFA.com)

ST PETERSBURG, iNews.id – Keputusan Pelatih Argentina Jorge Sampaoli menempatkan Lionel Messi sebagai striker saat menghadapi Nigeria, berbuah manis. Melakoni laga pamungkas fase Grup D di Saint Petersburg Stadium, megabintang Barcelona itu membawa tim Tangountuk sementara unggul 1-0 pada babak pertama.

Menerima umpan Ever Banega, Messi berlari dan menahan bola dengan pahanya sebelum melepaskan sepakan kaki kanannya yang tak bisa dibendung kiper Francis Uzoho pada menit ke-14. Itu gol ke-100 di Piala Dunia tahun ini.

Gol itu pun sekaligus menjadikan Messi sebagai pemain Argentina ketiga setelah Diego Maradona dan Gabriel Batistuta yang mencetak gol di tiga Piala Dunia berbeda.

Sejak awal, Argentina memang mampu menekan lawan. Penguasaan bola tim Tango mencapai 63 persen berbanding 37. Perubahan taktik dari 3-4-3 yang digunakan di laga terakhir saat kalah 0-3 kontra Kroasia, menjadi 4-4-2 berjalan sesuai rencana.

Hasilnya, Argentina tampil lebih agresif. Mereka mampu melepaskan 5 tembakan yang tiga di antaranya tepat sasaran. Salah satunya berbuah gol melalui kaki Messi.

Bahkan, Messi hampir menambah keunggulan Argentina melalui tembakan bebas di depan kotak penalti. Sayang, sepakannya mampu sedikit ditepis Uzoho sehingga membentur tiang.

Sementara Nigeria lebih banyak tertekan, dan hanya mampu melepas 3 sepakan yang hanya satu yang menuju target.


SUSUNAN PEMAIN
NIGERIA (3-5-2)

Uzoho; Balogun, Troost-Ekong, Omeruo; Moses, Etebo, Mikel, Ndidi, Idowu; Musa, Iheanacho
Pelatih: Gernot Rhor

ARGENTINA (4-4-2)

Armani; Mercado, Otamendi, Rojo, Tagliafico; Perez, Mascherano, Banega, Di Maria; Messi, Higuain
Pelatih: Jorge Sampaoli


Editor : Abdul Haris