Belanda Vs Estonia: De Oranje Menang Besar, Koeman Puji Skuatnya

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 20 November 2019 - 10:17 WIB
Belanda Vs Estonia: De Oranje Menang Besar, Koeman Puji Skuatnya

Skuat Timnas Belanda saling berpelukan sebagai selebrasi gol mereka ke gawang Estonia pada matchday terakhir Grup C Kualifikasi Euro 2020 di Johan Cruijff Arena, Rabu (20/11/2019) dini hari WIB. (Foto: AP)

AMSTERDAM, iNews.id – Timnas Belanda menang besar 5-0 atas Estonia pada matchday terakhir Grup C Kualifikasi Euro 2020 di Johan Cruijff Arena, Rabu (20/11/2019) dini hari WIB. Pelatih De Oranje Ronald Koeman pun memuji skuatnya.

Georginio Wijnaldum menjadi bintang pada laga kali ini, setelah menciptakan hattrick. Dia menorehkan gol pada menit ke-6, 66 dan 78. Kemenangan Belanda kemudian dilengkapi oleh Nathan Ake (18) dan Myron Boadu (87). Koeman merasa permainan penggawanya mengalami peningkatan pada laga kali ini.

“Pertandingan yang sungguh hebat dan meraih hasil luar biasa. Babak kedua berjalan lebih baik ketimbang paruh pertama. Gini (sapaan Wijnaldum) merupakan bintang besar. Dia memainkan posisi terbaiknya dan akan bekerja keras untuk mencetak gol,” kata Koeman di laman resmi UEFA.

Pada pertandingan kali ini, juru taktik berusia 56 tahun itu mempercayakan sejumlah pemain mudanya untuk tampil. Beberapa di antaranya bahkan menjalani debutnya bersama De Oranje. Koeman merasa memiliki kewajiban untuk menampilkan bakat mereka

“Kami melakukan beberapa pergantian dan memberikan peluang kepada pemain muda, demi menemukan skuat terbaik pada Euro 2020. Kami memiliki banyak talenta dan pemain muda. Kami harus memberikan mereka peluang untuk bermain,” ujarnya.

“Negara kami selalu menciptakan pemain muda yang bagus. Mereka bermain dengan baik dan saya melihat mereka gugup ketika tampil. Bagi mereka, laga ini tak akan terlupakan karena merupakan laga debut. Mereka harus berlatih dan tampil di level yang tinggi,” tutur Koeman.

Meski meraih kemenangan, Belanda harus puas menempati posisi kedua Grup C dengan poin 19. Mereka tertinggal dua angka dari Jerman yang menjadi pemimpin klasemen, usai menang atas 6-1 atas Irlandia Utara.


Editor : Abdul Haris